Inovasi Sumber Belajar Menggunakan Multimedia Berbasis Proyek Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil

Khairani, Rita Ulfa (2024) Inovasi Sumber Belajar Menggunakan Multimedia Berbasis Proyek Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206141006_Cover.pdf] Text
8206141006_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8206141006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206141006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 8206141006_Abstrak.pdf] Text
8206141006_Abstrak.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 8206141006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206141006_Kata_Pengantar.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 8206141006_Daftar_Isi.pdf] Text
8206141006_Daftar_Isi.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8206141006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206141006_Daftar_Tabel.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 8206141006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206141006_Daftar_Gambar.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 8206141006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206141006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 8206141006_BAB_I.pdf] Text
8206141006_BAB_I.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 8206141006_BAB_V.pdf] Text
8206141006_BAB_V.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 8206141006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206141006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar inovatif berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMAN 1 Binjai Kabupaten Langkat dan sampel diambil 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 dan 4. Validasi produk oleh 2 orang dosen Unimed sebagai validator materi dan media serta 2 orang guru kimia. Instrumen angket digunakan untuk mengetahui kelayakan sumber belajar inovatif, kemampuan berfikir tingkat tinggi dan respon siswa, instrumen test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis sumber belajar pegangan siswa pada pembelajaran kimia berdasarkan BSNP diperoleh rata–rata penilaian 3,3 dengan kategori layak. (2) Hasil analisis validasi sumber belajar inovatif berbasis proyek yang telah dikembangkan pada materi kesetimbangan kimia diperoleh rata–rata penilaian yaitu 3,50 dengan kategori layak. (3) Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen didapatkan rata-rata sebesar 0,71 (tinggi) sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata 0,56 (sedang). (4) Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 82,29% sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata 76,77% berdasarkan aspek interperensi, analisis, evaluasi dan inferensi. (5) Respon siswa terhadap sumber belajar inovatif berbasis proyek yaitu 81,11% (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan sumber belajar inovatif berbasis proyek pada materi kesetimbangan kimia mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.370 72 Kha i
Keywords: Sumber belajar inovatif, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 10:56
Last Modified: 17 Jul 2024 10:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58758

Actions (login required)

View Item
View Item