Khairani, Rita Ulfa (2024) Inovasi Sumber Belajar Menggunakan Multimedia Berbasis Proyek Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil. Masters thesis, UNIMED.
8206141006_Cover.pdf
Download (70kB)
8206141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (604kB)
8206141006_Abstrak.pdf
Download (191kB)
8206141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (197kB)
8206141006_Daftar_Isi.pdf
Download (127kB)
8206141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (145kB)
8206141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (163kB)
8206141006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (323kB)
8206141006_BAB_I.pdf
Download (382kB)
8206141006_BAB_V.pdf
Download (115kB)
8206141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (472kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar inovatif berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMAN 1 Binjai Kabupaten Langkat dan sampel diambil 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 dan 4. Validasi produk oleh 2 orang dosen Unimed sebagai validator materi dan media serta 2 orang guru kimia. Instrumen angket digunakan untuk mengetahui kelayakan sumber belajar inovatif, kemampuan berfikir tingkat tinggi dan respon siswa, instrumen test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis sumber belajar pegangan siswa pada pembelajaran kimia berdasarkan BSNP diperoleh rata–rata penilaian 3,3 dengan kategori layak. (2) Hasil analisis validasi sumber belajar inovatif berbasis proyek yang telah dikembangkan pada materi kesetimbangan kimia diperoleh rata–rata penilaian yaitu 3,50 dengan kategori layak. (3) Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen didapatkan rata-rata sebesar 0,71 (tinggi) sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata 0,56 (sedang). (4) Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 82,29% sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata 76,77% berdasarkan aspek interperensi, analisis, evaluasi dan inferensi. (5) Respon siswa terhadap sumber belajar inovatif berbasis proyek yaitu 81,11% (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan sumber belajar inovatif berbasis proyek pada materi kesetimbangan kimia mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.370 72 Kha i |
Keywords: | Sumber belajar inovatif, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 10:56 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 10:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58758 |