Hasanah, Wulani Kisty (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Digital Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas X SMA Negeri 5 Binjai. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 8206121001 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 8206121001 COVER.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of 2. NIM 8206121001 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 8206121001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (325kB)
![[thumbnail of 3. NIM 8206121001 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 8206121001 ABSTRACT.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 4. NIM 8206121001 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 8206121001 PREFACE.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 5. NIM 8206121001 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 8206121001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 6. NIM 8206121001 LIST OF TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 8206121001 LIST OF TABLE.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 7. NIM 8206121001 LIST OF FIGURES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 8206121001 LIST OF FIGURES.pdf
Download (29kB)
![[thumbnail of 8. NIM 8206121001 LIST OF APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 8206121001 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (30kB)
![[thumbnail of 9. NIM 8206121001 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 8206121001 CHAPTER I.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 13. NIM 8206121001 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 8206121001 CHAPTER V.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of 14. NIM 8206121001 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 8206121001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (104kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian belajar siswa dan rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa Digital yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMA Negeri 5 Binjai. Adapun prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dan model pengembangan dari Borg and Gall dan langkah desain instruksional dari Dick and Carey yang terbagi menjadi 4 tahap meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Untuk melihat keefektifan Lembar Kerja Siswa Digital, maka dapat dianalisa melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 90% untuk validasi ahli media, 98% untuk validasi ahli materi dan 96,18% untuk hasil respon siswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitung yaitu 3,03 dan nilai t tabel yaitu 1,99, dimana t hitung > t tabel. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) Digital efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 5 Binjai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Has p |
Keywords: | lembar kerja siswa digital, kemandirian belajar, pembelajaran sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 09:07 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58729 |