Hanim, Siti Aisyah (2022) Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Visioner, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156114035 COVER.pdf
Download (48kB)
8. NIM. 8156114035 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Download (353kB)
2. NIM. 8156114035 ABSTRAK.pdf
Download (323kB)
3. NIM. 8156114035 KATA PENGANTAR.pdf
Download (69kB)
4. NIM. 8156114035 DAFTAR ISI.pdf
Download (76kB)
5. NIM. 8156114035 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (204kB)
6. NIM. 8156114035 DAFTAR TABEL.pdf
Download (208kB)
7. NIM. 8156114035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (174kB)
9. NIM. 8156114035 BAB I.pdf
Download (1MB)
13. NIM. 8156114035 BAB V.pdf
Download (836kB)
14. NIM. 8156114035 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (704kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji model kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Medan yang dibangun berdasarkan hubungan kausal asosiatif antara variabel eksogenus dengan variabel endogenus, meliputi : (1) pengaruh langsung budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru MAN Medan, (2) pengaruh langsung kepemimpinan visioner terhadap motivasi berprestasi guru MAN Medan, (3) pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru MAN Medan, (4) pengaruh langsung kepemimpinan visioner terhadap kepuasan kerja guru MAN Medan, (5) pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja guru MAN Medan, (6) pengaruh langsung kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru MAN Medan, (7) pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru MAN Medan, dan (8) pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja guru MAN Medan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah metode survey, sampling dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Medan yang berjumlah 355 guru (sampling frame) dengan jumlah sampel sebanyak 182 orang yang diambil dengan menggunakan tekhnik proportional random sampling. Instrumen penelitian adalah angket dengan skala likert. Data penelitian diolah dan dianalisis dengan analisis jalur (path analisys). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat : (1) pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi, dengan koefisien jalur sebesar 0,229; (2) pengaruh langsung positif kepemimpinan visioner terhadap motivasi berprestasi, dengan koefisien jalur 0,176; (3) pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dengan koefisien jalur 0,077; (4) pengaruh langsung positif kepemimpinan visioner terhadap kepuasan kerja dengan koefisien jalur sebesar 0,047; (5) pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0,168; (6) pengaruh langsung positif kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,177; (7) pengaruh langsung positif motivasi berprestasi terhadap kinerja dengan koefisien jalur sebesar 0,176; dan (8) pengaruh langsung positif kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,053. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa model peningkatan kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Medan telah teruji fit sempurna dengan proporsional pengaruh langsung dan tidak langsung, spurious, unanalyzed dengan pengaruh proporsional dominan adalah (1) kepemimpinan visioner sebesar 0,177 atau 17,7%; (2) motivasi berprestasi sebesar 0,176 atau 17,6%; (3) budaya organisasi sebesar 0,168 atau 16,8%; dan (4) kepuasan kerja sebesar 0,053 atau 5,3 %.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 373 Han p |
Keywords: | Budaya Organisasi, Kepemimpinan Visioner, Motivasi Berprestasi, Kepuasan Kerja, Kinerja, Guru, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Medan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:48 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58719 |