Putri, Khairumi Asra (2023) Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Expressive Writing Terhadap Penggunaan Smartphone yang Berlebihan Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193151012_Cover.pdf
Download (52kB)
1193151012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193151012_Abstrak.pdf
Download (162kB)
1193151012_Kata_Pengantar.pdf
Download (157kB)
1193151012_Daftar_Isi.pdf
Download (97kB)
1193151012_Daftar_Gambar.pdf
Download (84kB)
1193151012_Daftar_Tabel.pdf
Download (152kB)
1193151012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (88kB)
1193151012_BAB_I.pdf
Download (265kB)
1193151012_BAB_V.pdf
Download (161kB)
1193151012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (172kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan metode expressive writing terhadap penggunaan smartphone yang berlebihan Pada Siswa Kelas X 2 IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini pre-eksperimen dengan pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas X IPS 2 memiliki skor penggunaan smartphone yang berlebihan rendah, sedang, dan tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen penggunaan smartphone yang berlebihan berjumlah 41 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pelaksanaan ayanan penguasaan konten dengan metode expressive writing. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan penguasaan konten metode expressive writing terhadap penggunaan smartphone yang berlebihan. Data hasil perhitungan skor pre-test pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata= 133,36 sedangkan skor post-test 75,26. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh jhitung 28 sedangkan jtabel 25. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh jhitung= 28 sedangkan jtabel=4. Dari tabel nilai kritis j untuj uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 15 , α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika jhitung > jtabel dimana 28>25, artimya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh pengaruh layanan penguasaan konten dengan Metode expressive writing terhadap penggunaan smartphone yang berlebihan Pada Siswa Kelas X 2 IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Layanan Penguasaan Konten; Metode Expressive Writing; Penggunaan Smartphone |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:52 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58673 |