Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Panyabungan

Rahmadani, Ulfy (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Panyabungan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172016_Cover.pdf] Text
8206172016_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 8206172016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of 8206172016_Abstrak.pdf] Text
8206172016_Abstrak.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 8206172016_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172016_Kata_Pengantar.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 8206172016_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172016_Daftar_Isi.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 8206172016_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172016_Daftar_Tabel.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 8206172016_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172016_Daftar_Gambar.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 8206172016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 8206172016_BAB_I.pdf] Text
8206172016_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206172016_BAB_V.pdf] Text
8206172016_BAB_V.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 8206172016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Think Pair Share, peningkatan kemampuan metakognisi matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, Buku Siswa, Tes Metakognisi Matematis dan Tes Komunikasi Matematis. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIIIA dan uji coba II di kelas VIII-B SMP Negeri 4 Panyabungan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran Think Pair Share meliputi BS, LKPD, TKMM, TKKM yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran berbasis Think Pair Share yang dikembangkan diperoleh bahwa: perangkat dapat dipergunakan dengan sedikit revisi dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata nilai praktis, reliabilitas instrument perangkat baik; (3) Keefektifan Perangkat pembelajaran berbasis Think Pair Share yang dikembangkan menunjukkan ketuntasan klasikal pre-test siswa pada uji coba I sebesar 16,67% dan post-test 79,17%. Sedangkan pre-test siswa pada uji coba II sebesar 20,83% dan post-test 87,50%, lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan lebih dari 85% setiap komponen keterlibatan siswa menunjukkan siswa aktif dalam pembelajaran; (4) Kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Think Pair Share yang dikembangkan meningkat dengan skor N-gain 0,54 untuk kemampuan metakognisi matematis dan 0,52 untuk kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.807 2 Rah p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Metakognisi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 15:20
Last Modified: 27 Jun 2024 15:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58650

Actions (login required)

View Item
View Item