Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Belajar Siswa Yang Diberi RME dan Siswa Yang Diberi Penemuan Terbimbing di SMP-IT Jabal Noor

Muhsinin, Arief Fajar (2023) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Belajar Siswa Yang Diberi RME dan Siswa Yang Diberi Penemuan Terbimbing di SMP-IT Jabal Noor. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172018_Cover.pdf] Text
8206172018_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 8206172018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 8206172018_Abstrak.pdf] Text
8206172018_Abstrak.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 8206172018_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172018_Kata_Pengantar.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 8206172018_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172018_Daftar_Isi.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 8206172018_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172018_Daftar_Tabel.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 8206172018_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172018_Daftar_Gambar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 8206172018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 8206172018_BAB_I.pdf] Text
8206172018_BAB_I.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of 8206172018_BAB_V.pdf] Text
8206172018_BAB_V.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 8206172018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menganalisis perbedaan hasil kemampuan komunikasi Matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan RME dan siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing; (2) Menganalisis perbedaan hasil kebiasaan belajar antara siswa yang diberi
pembelajaran dengan pendekatan RME dan siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing; (3) Menganalisis interaksi antara pembelajaran RME dan Penemuan terbimbing dengan KAM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (4) Menganalisis interaksi antara pembelajaran RME dan Penemuan
terbimbing dengan KAM terhadap kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP-IT Jabal Noor Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas VIII-C dan VIII-D yan berjumlah 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai Fhitung sebesar 13.822 > 3,16 (Ftabel) kemudian nilai signifikansi model pembelajaran 0.000 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan komunikasi matematis antara
siswa yang diberi RME dan siswa yang diberi Penemuan Terbimbing; (2) nilai Fhitung sebesar 6,484 > 3,16 (Ftabel) dan nilai signifikansi model pembelajaran 0.014 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan kebiasaan belajar antara siswa yang diberi RME dan siswa yang diberi Penemuan Terbimbing; (3) nilai Fhitung kurang dari Ftabel ( 1,560 < 3,160) dan dengan nilai
probabilitas (sig) sebesar 0,182. Disebabkan nilai probabilitas (sig) lebih besar dari 0,05 maka hipotesis H0 dapat diterima atau dapat diartikan tidak ada interaksi
antara model pembelajaran dengan KAM terhadapa kemampuan komunikasi matematis siswa; (4) Nilai Fhitung kurang dari Ftabel ( 1,066 < 3,160) dan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,352. Disebabkan nilai probabilitas (sig) lebih
besar dari 0,05 maka hipotesis H0 diterima atau dapat diartikan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan KAM terhadap kebiasaan belajar matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.807 2 Muh p
Keywords: Komunikasi, Kebiasaan Belajar, Realistis, Penemuan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 15:05
Last Modified: 27 Jun 2024 15:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58648

Actions (login required)

View Item
View Item