Perangin-angin, Marta Diana (2017) Analisis Penerapan Model Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM 2131111033 COVER.pdf
Download (39kB)
02. NIM 2131111033 APPROVAL SHEET.pdf
Download (630kB)
03. NIM 2131111033 ABSTRACT.pdf
Download (116kB)
04. NIM 2131111033 PREFACE.pdf
Download (213kB)
05. NIM 2131111033 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (170kB)
06. NIM 2131111033 LIST OF TABLE.pdf
Download (112kB)
07. NIM 2131111033 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (111kB)
08. NIM 2131111033 CHAPTER I.pdf
Download (405kB)
12. NIM 2131111033 CHAPTER V.pdf
Download (141kB)
13. NIM 2131111033 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (142kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan langkahlangkah konsruktivisme, inquiri, questioning, learning community, modeling, reflection, dan authentic assessment dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah rekaman dokumentasi penerapan model kontekstual yang
dilakukan oleh guru dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). untuk mengetahui
penerapan model kontekstual dalam pelajaran teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli sedangkan analisis datanya dilakukan dengan cara menganalisis penerapan langkah-langkah model kontekstual yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa. hasil pembahasan menunjukkan bahwa guru telah melakukan enam belas langkah dari tujuh belas langkah yang terdapat didalam tujuh tahapan model kontekstual yaitu yang pertama tahap konstruktivisme (mengembangkan pemikiran siswa secara
mandiri), yang kedua tahap inquiri (menemukan suatu fakta dari masalah yang ditentukan sebelumnya), yang ketiga tahap questioning (bertanya), yang keempat tahap learning community (komunitas belajar), yang kelima tahap modeling
(pemodelan), yang keenam tahap reflection (refleksi), dan tahap yang ketujuh authentic assessment (penilaian yang sebenarnya) dilihat dari segi struktur dan ciri kebahasaan kemampuan menulis siswa secara keseluruhan sudah tergolong
kedalam katagori baik yang dapat dilihat dari nilai rata-rata 79,93
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Kontekstual, Guru, dan Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:49 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58437 |