Harahap, Yuswida Yanti (2024) Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreaktif Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191111023_Cover.pdf
Download (117kB)
1191111023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1191111023_Abstrak.pdf
Download (206kB)
1191111023_Kata_Pengantar.pdf
Download (347kB)
1191111023_Daftar_Isi.pdf
Download (287kB)
1191111023_Daftar_Gambar.pdf
Download (263kB)
1191111023_Daftar_Tabel.pdf
Download (353kB)
1191111023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (280kB)
1191111023_BAB_I.pdf
Download (578kB)
1191111023_BAB_V.pdf
Download (234kB)
1191111023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (439kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap berfikir kreatif peserta didik di kelas IV sekolah dasar dalam pembelajaran Tema 9 Subtema 1 Tahun ajaran 2023. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104204 Sambi Rejo Timur, Jumlah populasi siswa sebanyak 25 yang beralamat Jl. Sempurna, Sambi Rejo Timur, Kecamatan Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design. peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 104204 Sambi Rejo Timur, tahun ajaran 2023- 2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik observasi Soal dan tes pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap berfikir kreatif peserta didik di kelas IV sekolah dasar dalam pembelajaran Tema 9 Subtema 1 Tahun ajaran 2023. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis kelas kontrol dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai t hitung sebesar 2,506 dengan tara signifikansi sebesar 0,020. Hasil tes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai t hitung sebesar 2,214 dengan tara signifikansi sebesar 0,037. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan Saintifik; Cara Berfikir Kreatif; Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 06:24 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58429 |