Lubis, Delima (2023) DÉVELOPPEMENT DU MÉDIA D’APPRENTISSAGE EN UTILISANT DU JEU PICTIONNAIRE POUR AMÉLIORER LA COMPÉTENCE DE LA PRODUCTION ÉCRITE CHEZ LYCÉENS DE SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2162131002 COVER.pdf
Download (100kB)
2. NIM 2162131002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (945kB)
3. NIM 2162131002 ABSTRACT.pdf
Download (218kB)
4. NIM 2162131002 PREFACE.pdf
Download (166kB)
5. NIM 2162131002 CONTENTS.pdf
Download (168kB)
6. NIM 2162131002 IMAGES.pdf
Download (137kB)
7. NIM 2162131002 SCHEMAS.pdf
Download (151kB)
8. NIM 2162131002 TABLES.pdf
Download (137kB)
9. NIM 2162131002 CHAPTER I.pdf
Download (358kB)
13. NIM 2162131002 CHAPTER V.pdf
Download (166kB)
14. NIM 2162131002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (250kB)
Abstract
Dalam mempelajari bahasa Prancis, terdapat beberapa kaidah berbahasa yang
harus dikuasai oleh pembelajar. Salah satuya adalah membuat kalimat sederhana
dalam rutinitas sehari-hari. Untuk membuat kalimat sederhana, diperlukan kosa
kata dan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar. Materi rutinitas sehari-hari
juga terdapat di dalam RPP Pelajaran Bahasa Prancis di SMA Negeri 11 Medan
dengan 16 kali pertemuan. Maka, hal ini sangat penting bagi siswa agar mampu
membuat kalimat sederhana mengenai rutinitas sehari-hari. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan materi pembelajaran rutinitas
sehari-hari dengan menggunakan Kartu Kata dan mengetahui kelayakan materi
dan media Kartu Kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
(research and development), yang menggunakan prosedur penelitian dan
pengembangan dari Sugiyono dengan modifikasi. Peneliti menggunakan 5
tahapan dari 10 tahapan yang ada, antara lain identifikasi potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi desain. Analisis data
menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan
pengembangan materi rutinitas sehari-hari dengan menggunakan Kartu Kata ini
dinyatakan layak dari segi materi dengan tingkat kelayakan 92,30% dengan
kategori sangat baik dan dari segi media dengan tingkat kelayakan 89,23% dengan
kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa materi dan media yang
dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan atau diujicobakan dalam
pelajaran bahasa Prancis di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | permainan; rutinitas sehari-hari; media pembelajaran; kartu kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 09:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58418 |