Tarigan, Septian Pratama (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas V SDN 046579 Kabupaten Karo T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1183111131_Cover.pdf
Download (55kB)
1183111131_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
1183111131_Abstrak.pdf
Download (128kB)
1183111131_Kata_Pengantar.pdf
Download (222kB)
1183111131_Daftar_Isi.pdf
Download (173kB)
1183111131_Daftar_Gambar.pdf
Download (117kB)
1183111131_Daftar_Tabel.pdf
Download (54kB)
1183111131_Daftar_Lampiran.pdf
Download (52kB)
1183111131_BAB_I.pdf
Download (261kB)
1183111131_BAB_V.pdf
Download (126kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kelayakan, Kepraktisan, dan Keefektifan Media Pembelajaran Vidio Animasi berbasis Macromedia Flash Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SDN 046579 Kabupaten Karo T.A 2022/2023. Masalah dalam penelitian ini adalah minimnya penggunaan media berbasis teknologi, nilai UTS siswa banyak yang belum mencapai KKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseach and Devolpment) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan penelitian , yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 046579. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu intrumen wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan (guru) dan soal tes. Hasil penelitian
pengembangan dari Media Pembelajaran menggunakan aplikasi Macromedia Flash pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 1, menunjukkan hasil validasi oleh validator ahli materi mendapatkan skor 91 dengan hasil persentase 91% kategori
“sangat layak”dan hasil validasi desain oleh validator ahli media memperoleh skor 90 dengan hasil persentase 90% kategori “sangat layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil skor 96 dengan persentase 96 % kategori
“Sangat Praktis”. Berdasarkan uji keefektifan Media Pembelajaran bahwa hasil dapat diketahui setelah menggunakan Media Pembelajaran dengan aplikasi Macromedia Flash yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum
menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi Macromedia Flash siswa medapat nilai rata-rata 53,0 dengan katergori “tidak efektif” meningkat menjadi 87,5 dengan kategori “sangat efektif” setelah menggunakan media pembelajaran
video animasi berbasis Macromedia Flash
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Aplikasi Macromedia Flash; Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:40 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58391 |