Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Klinis di SD Buddhist Manjusri T.A.2023/2024

Sinaga, Aulia Christina (2023) Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Klinis di SD Buddhist Manjusri T.A.2023/2024. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216132009_Cover.pdf] Text
8216132009_Cover.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 8216132009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216132009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 8216132009_Abstrak.pdf] Text
8216132009_Abstrak.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 8216132009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216132009_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 8216132009_Daftar_Isi.pdf] Text
8216132009_Daftar_Isi.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 8216132009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216132009_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 8216132009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216132009_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8216132009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216132009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8216132009_BAB_I.pdf] Text
8216132009_BAB_I.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of 8216132009_BAB_V.pdf] Text
8216132009_BAB_V.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 8216132009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216132009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (386kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi pedagogic guru melalui supervise klinis di SD Buddhist Manjusri Pematang Siantar. Untuk mengetahui besar peningkatan yang dialami oleh guru maka, kepada guru dilakukan observasi. Untuk memperkuat data juga dilakukan wawancara kepada guru. Peningkatan kompetensi pedagogik guru dilakukan dalam siklus yang berkelanjutan, dimana pada penelitian ini siklus terjadi sebanyak dua (2) . Untuk mengukur peningkatan kemampuan guru adalah dengan berpedoman pada pencapaian indicator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru kelas I sampai dengan guru kelas V dengan bantuan supervisi klinis, (2) Hasil peningkatan terbaca melalui hasil observasi dimana, pada Siklus I total skornya adalah 294 dengan rata–rata adalah 58,8 sementara itu hasil observasi pada Siklus II total skornya adalah 442 dengan rata–rata adalah 88,4, (3) Interpretasi hasil observasi guru pada siklus I, sebanyak 100% guru yang diobservasi berada pada kategori nilai Kurang (K), sementara itu hasil interpretasi hasil observasi guru pada Siklus II menyatakan 2 orang (40%) guru berada pada kategori Sangat Baik (SB), dan 3 orang (60%) guru berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.203 Sin p
Keywords: Kompetensi Pedagogik, Supervisi Klinis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:03
Last Modified: 07 Jun 2024 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58346

Actions (login required)

View Item
View Item