Sijabat, Melati (2024) Pengaruh Model Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Kelas V SDN 091276 Semangat Baris T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191111060_Cover.pdf
Download (249kB)
1191111060_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (940kB)
1191111060_Abstrak.pdf
Download (269kB)
1191111060_Kata_Pengantar.pdf
Download (426kB)
1191111060_Daftar_Isi.pdf
Download (309kB)
1191111060_Daftar_Gambar.pdf
Download (427kB)
1191111060_Daftar_Tabel.pdf
Download (245kB)
1191111060_Daftar_Lampiran.pdf
Download (242kB)
1191111060_BAB_I.pdf
Download (566kB)
1191111060_BAB_V.pdf
Download (267kB)
1191111060_Daftar_Pustaka.pdf
Download (486kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga suasana pembelajaran sering membuat siswa jenuh dan berdampak kepada hasil belajar siswa. Berdasarkan hal itu, maka peneliti berupaya menggunakan model pembelajaran Time Token merupakan salah satu model pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Pada pembelajaran Time Token peserta didik diajarkan untuk saling berinteraksi, berpartisipasi dan bersosialisasi dengan menggunakan kupon bicara, sehingga pembelajaran tidak membosankan dan dapat melatih rasa percaya diri pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Model Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Kelas V SDN 091276 Semangat Baris T.A 2023/2024? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Kelas V SDN 091276 Semangat Baris T.A 2023/2024. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 091276 Semangat Baris, Kec. Siantar, Kab. Simalungun. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menggunakan wawancara, tes (pilihan ganda) yang berjumlah 40 soal dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan pengujian dua sampel menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel, yaitu thitung adalah -4.7796 dan ttabel 1.6736. Jadi dapat disimpulkan bahwa "terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 091276 Semangat Baris T.A 2023/2024. Berdasarkan hasil analisis data bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 091276 Semangat Baris T.A 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Time Token; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:40 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58328 |