Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD IT Darul Fikri Tanjungbalai

Miftahul Jannah, Miftahul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD IT Darul Fikri Tanjungbalai. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196182024_Cover.pdf] Text
8196182024_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 8196182024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196182024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 8196182024_Abstrak.pdf] Text
8196182024_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 8196182024_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196182024_Kata_Pengantar.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8196182024_Daftar_Isi.pdf] Text
8196182024_Daftar_Isi.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 8196182024_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196182024_Daftar_Tabel.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8196182024_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196182024_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8196182024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196182024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8196182024_BAB_I.pdf] Text
8196182024_BAB_I.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 8196182024_BAB_V.pdf] Text
8196182024_BAB_V.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada matta pelajaran IPS kelas IV SD IT Darul Fikri Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Darul Fikri sebanyak 54 siswa. Sampel penelitian adalah kelas IVa sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVb sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunkan model Problem Based Learning (91,92) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model ekspositori (80,18), dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan motivasi belajar (95,00) dan rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah (80,00) , sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontol dengan motivasi belajar tinggi (92,00) dan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (74,76). Temuan dari hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan model ekspositori terhadap hasil belajar IPS siswa; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa saran yang disampaikan : 1) Guru harus melibatkan siswa selama proses pembelajaran, siswa diberikan ruang untuk mengapresiasikan dirinya agar pembelajaran tidak terlalu monoton. 2) Guru diharapkan dapat membantu siswa untuk menumbuhkan motivasi dengan proses pengenalan, penulisan, pemeriksaan dan pengaplikasian keterampilan baik disekolah maupun dilingkungan masyaratakt. 3) Penerapan model pembelajaran perlu disiapkan dengan baik oleh guru agar tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Jan p
Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Jun 2024 10:21
Last Modified: 04 Jun 2024 10:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58298

Actions (login required)

View Item
View Item