Miftahul Jannah, Miftahul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD IT Darul Fikri Tanjungbalai. Masters thesis, UNIMED.
8196182024_Cover.pdf
Download (42kB)
8196182024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (177kB)
8196182024_Abstrak.pdf
Download (63kB)
8196182024_Kata_Pengantar.pdf
Download (178kB)
8196182024_Daftar_Isi.pdf
Download (192kB)
8196182024_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
8196182024_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
8196182024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
8196182024_BAB_I.pdf
Download (348kB)
8196182024_BAB_V.pdf
Download (181kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada matta pelajaran IPS kelas IV SD IT Darul Fikri Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Darul Fikri sebanyak 54 siswa. Sampel penelitian adalah kelas IVa sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVb sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunkan model Problem Based Learning (91,92) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model ekspositori (80,18), dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan motivasi belajar (95,00) dan rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah (80,00) , sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontol dengan motivasi belajar tinggi (92,00) dan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (74,76). Temuan dari hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan model ekspositori terhadap hasil belajar IPS siswa; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa saran yang disampaikan : 1) Guru harus melibatkan siswa selama proses pembelajaran, siswa diberikan ruang untuk mengapresiasikan dirinya agar pembelajaran tidak terlalu monoton. 2) Guru diharapkan dapat membantu siswa untuk menumbuhkan motivasi dengan proses pengenalan, penulisan, pemeriksaan dan pengaplikasian keterampilan baik disekolah maupun dilingkungan masyaratakt. 3) Penerapan model pembelajaran perlu disiapkan dengan baik oleh guru agar tujuan pembelajaran tercapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Jan p |
Keywords: | Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 10:21 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 10:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58298 |