Ritonga, Wilda Arfah (2023) Pengaruh Media Visual Dan Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Literasi Aud 5-6 Tahun. Masters thesis, UNIMED.
8196182013_Cover.pdf
Download (44kB)
8196182013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (669kB)
8196182013_Abstrak.pdf
Download (317kB)
8196182013_Kata_Pengantar.pdf
Download (349kB)
8196182013_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
8196182013_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
8196182013_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
8196182013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
8196182013_BAB_I.pdf
Download (588kB)
8196182013_BAB_V.pdf
Download (219kB)
8196182013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (271kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan literasi awal anak usia dini antara anak yang diajarkan dengan media digital dengan anak yang diajarkan dengan media cetak. Untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan literasi awal anak usia dini antara anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi dibandingkan dengan anak yang memiliki keterampilan sosial rendah di TK Khairul Fataya. Untuk mengetahui interaksi antara media visual dan keterampilan sosial siswa terhadap kemampuan literasi awal anak usia dini di TK Khairul Fataya.
Populasi penelitian ini adalah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Khairul Fataya usia 5-6 tahun berjumlah 32 anak. Menjadi sampel dalam penelitian ini ditetapkan anak TK usia 5-6 tahun yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok B1 berjumlah 16 anak sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan media visual jenis digital dan kelompok B2 yang berjumlah 16 anak sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media visual jenis story reading. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan literasi awal digunakan lembar pengamaan dan angket untuk keterampilan sosial siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan literasi awal anak menggunakan media digital lebih tinggi dari menggunakan media cetak. Kemampuan literasi awal anak yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran digital memperoleh nilai rata-rata kemampuan literasi awal sebesar adalah 81,81, sedangkan kemampuan literasi awal anak yang dibelajarkan dengan media cetak memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,00. Keterampilan sosial tinggi memiliki kemampuan literasi awal lebh tinggi dibanding dengan keterampilan sosial rendah. Kemampuan literasi awal anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan rata-rata sebesar 81,45, sedangkan dengan keterampilan sosial rendah memiliki kemampuan literasi awal dengan rata-rata sebesar 77,33. Hasil uji Anava diketahui bahwa diketahui harga sig=0,004. Karena hasil hitung sig=0,004<sig=0,05 maka dapat dikemukakan kesimpulan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran visual dan keterampilan sosial dalam terhadap kemampuan literasi awal.
Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru untuk menggunakan strategi pembelajara, media digital dan media cetak dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia dini 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Rit p |
Keywords: | Media Pembelajaran, Keterampilan Sosial, dan Literasi Awal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 May 2024 10:27 |
Last Modified: | 31 May 2024 10:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58286 |