Pengaruh Media Visual Dan Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Literasi Aud 5-6 Tahun

Ritonga, Wilda Arfah (2023) Pengaruh Media Visual Dan Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Literasi Aud 5-6 Tahun. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196182013_Cover.pdf] Text
8196182013_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 8196182013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196182013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of 8196182013_Abstrak.pdf] Text
8196182013_Abstrak.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 8196182013_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196182013_Kata_Pengantar.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 8196182013_Daftar_Isi.pdf] Text
8196182013_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 8196182013_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196182013_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8196182013_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196182013_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8196182013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196182013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8196182013_BAB_I.pdf] Text
8196182013_BAB_I.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 8196182013_BAB_V.pdf] Text
8196182013_BAB_V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 8196182013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196182013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan literasi awal anak usia dini antara anak yang diajarkan dengan media digital dengan anak yang diajarkan dengan media cetak. Untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan literasi awal anak usia dini antara anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi dibandingkan dengan anak yang memiliki keterampilan sosial rendah di TK Khairul Fataya. Untuk mengetahui interaksi antara media visual dan keterampilan sosial siswa terhadap kemampuan literasi awal anak usia dini di TK Khairul Fataya.
Populasi penelitian ini adalah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Khairul Fataya usia 5-6 tahun berjumlah 32 anak. Menjadi sampel dalam penelitian ini ditetapkan anak TK usia 5-6 tahun yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok B1 berjumlah 16 anak sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan media visual jenis digital dan kelompok B2 yang berjumlah 16 anak sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media visual jenis story reading. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan literasi awal digunakan lembar pengamaan dan angket untuk keterampilan sosial siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan literasi awal anak menggunakan media digital lebih tinggi dari menggunakan media cetak. Kemampuan literasi awal anak yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran digital memperoleh nilai rata-rata kemampuan literasi awal sebesar adalah 81,81, sedangkan kemampuan literasi awal anak yang dibelajarkan dengan media cetak memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,00. Keterampilan sosial tinggi memiliki kemampuan literasi awal lebh tinggi dibanding dengan keterampilan sosial rendah. Kemampuan literasi awal anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan rata-rata sebesar 81,45, sedangkan dengan keterampilan sosial rendah memiliki kemampuan literasi awal dengan rata-rata sebesar 77,33. Hasil uji Anava diketahui bahwa diketahui harga sig=0,004. Karena hasil hitung sig=0,004<sig=0,05 maka dapat dikemukakan kesimpulan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran visual dan keterampilan sosial dalam terhadap kemampuan literasi awal.
Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru untuk menggunakan strategi pembelajara, media digital dan media cetak dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia dini 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.21 Rit p
Keywords: Media Pembelajaran, Keterampilan Sosial, dan Literasi Awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 31 May 2024 10:27
Last Modified: 31 May 2024 10:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58286

Actions (login required)

View Item
View Item