PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 DIKELAS V SD NEGERI 137958 KOTA TANJUNGBALAI

Sitorus, Izza Sya'adah (2023) PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 DIKELAS V SD NEGERI 137958 KOTA TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192111013_Cover.pdf] Text
1192111013_Cover.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1192111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 1192111013_Abstrak.pdf] Text
1192111013_Abstrak.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1192111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 1192111013_Daftar_Isi.pdf] Text
1192111013_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1192111013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192111013_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1192111013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192111013_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192111013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192111013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1192111013_BAB_I.pdf] Text
1192111013_BAB_I.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 1192111013_BAB_V.pdf] Text
1192111013_BAB_V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 1192111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model PBL berbantuan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 di Kelas V SD Negeri 137958 Kota Tanjungbalai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 137958 Kota Tanjungbalai Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B yang berjumlah 52 orang siswa yang diambil dengan menggunakan sampel kelompok atau cluster sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen nyata. Kemudian penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test control group design, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen (model Problem-Based Learning berbantuan media video animasi) dan kelas kontrol (model konvensional). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem-Based Learning berbantuan media video animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 137958 Kota Tanjungbalai pada tema 1 subtema 1 dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian temuan peneliti tersebut, disarankan bagi guru untuk menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan media video animasi dalam tema 1 sub tema 1 pada siswa kelas V Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based Learning, Video Animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 31 May 2024 09:44
Last Modified: 31 May 2024 09:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58276

Actions (login required)

View Item
View Item