Harahap, Fitri Annisa (2023) Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MAN 2 Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
8196166002_Cover.pdf
Download (375kB)
8196166002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (238kB)
8196166002_Abstrak.pdf
Download (443kB)
8196166002_Kata_Pengantar.pdf
Download (318kB)
8196166002_Daftar_Isi.pdf
Download (489kB)
8196166002_Daftar_Tabel.pdf
Download (469kB)
8196166002_Daftar_Gambar.pdf
Download (412kB)
8196166002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (339kB)
8196166002_BAB_I.pdf
Download (584kB)
8196166002_BAB_V.pdf
Download (151kB)
8196166002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (312kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui kelayakan bahan ajar ekonomi berbasis flipbook dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI MAN 2 Deli Serdang.(2) Mengetahui keefektifan bahan ajar ekonomi berbasis flipbook dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI MAN 2 Deli Serdang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari dua orang ahli materi, satu orang ahli media pembelajaran, satu orang ahli model pembelajaran, dan siswa kelas XI MAN 2 Deli Serdang yang berjumlah 60 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (94,44%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (96,00%), (3) uji ahli model pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik ( 95,18%). Berdasarkan hasil tes belajar diketahui rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 67,69 dan kelas eksperimen sebesar 85, dan kedua kelas memiliki selisih nilai sebesar 17,7. Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MAN 2 Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022 layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar ekonomi berbasis flipbook dengan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 10,691, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan bahan ajar ekonomi berbasis flipbook sebesar 85 %, Sedangkan Kelompok siswa yang menggunakan buku teks sebesar 68%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan bahan ajar ekonomi berbasis flipbook lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran pendapatan nasional daripada tanpa menggunakan media bahan ajar ekonomi berbasis flipbook .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Har p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar ekonomi berbasis flipbook. Pendapatan Nasional |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2024 23:40 |
Last Modified: | 30 May 2024 23:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58254 |