Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flipbook Sebagai Strategi Penguatan Kemampuan Literasi di Pendidikan Anak Usia Dini

Simanjuntak, Ester Dwi Sartika (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flipbook Sebagai Strategi Penguatan Kemampuan Literasi di Pendidikan Anak Usia Dini. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196121002_Cover.pdf] Text
8196121002_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 8196121002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196121002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 8196121002_Abstrak.pdf] Text
8196121002_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 8196121002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196121002_Kata_Pengantar.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 8196121002_Daftar_Isi.pdf] Text
8196121002_Daftar_Isi.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 8196121002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196121002_Daftar_Tabel.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8196121002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196121002_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 8196121002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196121002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8196121002_BAB_I.pdf] Text
8196121002_BAB_I.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 8196121002_BAB_V.pdf] Text
8196121002_BAB_V.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 8196121002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196121002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya media pembelajaran yang inovatif dan komunikatif seperti e-book dalam penggunaan teknologi di masa depan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa, sebab penanaman kebiasaan gemar membaca sejak dini masih minim dilakukan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-book yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di TK Methodist 5 Medan. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dari Borg and Gall dan langkah desain instruksional dari Dick and Carey yang terbagi menjadi 4 tahap meliputi tahap analisis
kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Untuk melihat keefektifan e-book, maka dapat dianalisa melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 92,94% untuk validasi ahli materi, 91,76% untuk validasi ahli media, 95,55% untuk validasi ahli desain dan 98,26% untuk hasil respon siswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitung yaitu 2,37 dan nilai t tabel yaitu 1,66, dimana t hitung > t tabel. Perolehan hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa e-book berbasis flipbook ini layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan hasil belajar siswa di TK Methodist 5 Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sim p
Keywords: E-book, Flipbook, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 14:28
Last Modified: 30 May 2024 14:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58247

Actions (login required)

View Item
View Item