Penerapan Metode Pembelajaran Gestural Promts Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Pada Pembelajaran Tari Terang Bulan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menari Siswa Di SLBN Batubara

Amanda, Silvia (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Gestural Promts Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Pada Pembelajaran Tari Terang Bulan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menari Siswa Di SLBN Batubara. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2181141013 COVER.pdf] Text
1. NIM.2181141013 COVER.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 2. NIM.2181141013 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2181141013 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM.2181141013 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2181141013 ABSTRACT.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4. NIM.2181141013 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2181141013 PREFACE.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 5. NIM.2181141013 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2181141013 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 6. NIM.2181141013 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2181141013 LIST OF FIGURE.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 7. NIM.2181141013 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2181141013 LIST OF TABLE.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 8. NIM.2181141013 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2181141013 CHAPTER I.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 12. NIM.2181141013 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2181141013 CHAPTER V.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 13. NIM.2181141013 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2181141013 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan materi pembelajaran Gestural Promts pada pembelajaran tari terang bulan dalam upaya meningkatkan kemampuan menari siswa tunarungu di SLBN Batubara. Teori yang digunakan adalah metode pembelajaran Gestural Promts menurut cooper, heron, &heward 1987, yakni komunikasi dalam bentuk isyarat gesture yang menekankan pada anggota tubuh yang nantinya dapat memberi informasi secara spesifik”. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian eksperimen yang menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan uji t sebagai teknik analisis data. Populasi pada penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa tunarungu. Dengan jumlah sample sebanyak 4 orang siswa dan 1 guru . Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil belajar siswa meningkat setelah di terapkannya metode pembelajaran Gestural Promts dari sebelum perlakuan (Pre test) mendapatkan nilai 70,75 setelah mendapat perlakuaan (Post Test) meningkat menjadi 90. Penarikan hipotesis penelitian menunjukkan thitung > ttabel yaitu (23,47 > 1,943180). Sehingga Ha : Penerapan metode
pembelajaran Gestural Promts untuk anak berkebutuhan khusus Tunarungu dapat meningkatkan kemampuan menari siswa dapat di terima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Gestural Promts, Kemampuan Menari ,Tari Terang Bulan
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 30 May 2024 09:17
Last Modified: 30 May 2024 09:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58236

Actions (login required)

View Item
View Item