Rangsang Kinestetik Dalam Pembelajaran Koreografi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 11 Medan

Utari, Fidhia Ayu (2023) Rangsang Kinestetik Dalam Pembelajaran Koreografi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 11 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2183141002 COVER.pdf] Text
1. NIM.2183141002 COVER.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 2. NIM.2183141002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2183141002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM.2183141002 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2183141002 ABSTRACT.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4. NIM.2183141002 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2183141002 PREFACE.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 5. NIM.2183141002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2183141002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 6. NIM.2183141002 CHAPTER I.pdf] Text
6. NIM.2183141002 CHAPTER I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 10. NIM.2183141002 CHAPTER V.pdf] Text
10. NIM.2183141002 CHAPTER V.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 11. NIM.2183141002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
11. NIM.2183141002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI di SMK Negeri 11 Medan, untuk mengetahui hasil kreativitas setelah diterapkannya pembelajaran koreografi. Teori rangsang kreativitas yang digunakan yaitu hasil interaksi antara individu dan lingkungannya, kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang sudah ada atau dikenal sebelumnya, Munandar (2002:12). Metodologi dalam penelitian ini ialah metodologi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa / siswi kelas XI SMK Negeri 11 Medan. Sampel pada penelitian ini menggunakan purposive random sampling yaitu kelas XI SMK Negeri 11 Medan yang diambil satu kelas dengan jumlah 7 orang. Teknik analisi data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Pada pembelajaran koreografi dalam meningkatkan kreativitas dituntut untuk membuat sedikit proses hasil siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat 75 dari rata
rata 55 (pre test) meningkat menjadi 95 (Post Test) Hasil tersebut menunjukkan kreativitas siswa pada pembelajaran koreografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 11 Medan. Hasil tersebut diperoleh dari analisis uji T berpasangan yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (14,8 > 1,6737), sehingga hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Rangsang Kinestetik, Pembelajaran Koreografi, Meningkatkan Kreativitas Siswa
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 30 May 2024 08:39
Last Modified: 30 May 2024 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58225

Actions (login required)

View Item
View Item