Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Biomedik II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Stikes Nurul Hasanah Kutacane

Nasution, Khairuddin (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Biomedik II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Stikes Nurul Hasanah Kutacane. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196122004_Cover.pdf] Text
8196122004_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 8196122004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196122004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 8196122004_Abstrak.pdf] Text
8196122004_Abstrak.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 8196122004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196122004_Kata_Pengantar.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8196122004_Daftar_Isi.pdf] Text
8196122004_Daftar_Isi.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8196122004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196122004_Daftar_Tabel.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 8196122004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196122004_Daftar_Gambar.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8196122004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196122004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8196122004_BAB_I.pdf] Text
8196122004_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 8196122004_BAB_V.pdf] Text
8196122004_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 8196122004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196122004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar tentang mata kuliah Biomedik II dan media pembelajaran yang masih belum efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-modul yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Biomedik II di Stikes Nurul Hasanah Kutacane.
Adapun prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dari Borg and Gall dan langkah desain instruksional dari Dick and Carey yang terbagi menjadi 4 tahap meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Untuk melihat keefektifan E-modul,maka dapat dianalisa melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 87% untuk validasi ahli media, 93% untuk validasi ahli materi dan 96,18% untuk hasil respon mahasiswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitung yaitu 3,03 dan nilai t tabel yaitu 1,66, dimana t hitung > t tabel. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-modul efektif dalam meningkatkan hasil belajar Biomedik II mahasiswa di Stikes Nurul Hasanah Kutacane.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Nas p
Keywords: E-modul, Biomedik, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 04:55
Last Modified: 30 May 2024 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58203

Actions (login required)

View Item
View Item