HUBUGAN INTENSITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SD NEGERI 050631 TANJUNG KELILING

Aldianu, Deri (2024) HUBUGAN INTENSITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SD NEGERI 050631 TANJUNG KELILING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311167_Cover.pdf] Text
1193311167_Cover.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 1193311167_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311167_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of 1193311167_Abstrak.pdf] Text
1193311167_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1193311167_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311167_Kata_Pengantar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1193311167_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311167_Daftar_Isi.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1193311167_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311167_Daftar_Tabel.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1193311167_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311167_Daftar_Gambar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1193311167_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311167_Daftar_Lampiran.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 1193311167_BAB_I.pdf] Text
1193311167_BAB_I.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 1193311167_BAB_V.pdf] Text
1193311167_BAB_V.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1193311167_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311167_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

Intensitas belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Intensitas belajar yang dilakukan secara rutin mempunyai pengaruh pada hasil belajar siswa namun meskipun penting, siswa tidak boleh dipaksakan intensitas waktu belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan intensitas belajar siswa dengan hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada pembelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling yang berjumlah 33 orang siswa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu intensitas belajar siswa dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu hasil belajar PPKn. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, studi dokumenter, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas belajar siswa dikategorikan cukup dan hasil belajar pada ranah kognitif siswa dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat adanya hubungan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil data yang diperoleh pada penelitian ini, terdapat nilairxy sebesar 0,49 > nilai rtabel yaitu 0,355. Dengan demikian terdapat hubungan intensitas belajar dengan hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada pembelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling berada pada kategori cukup kuat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Intensitas Belajar, Hasil Belajar, Ranah Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 30 May 2024 04:38
Last Modified: 30 May 2024 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58196

Actions (login required)

View Item
View Item