Aldianu, Deri (2024) HUBUGAN INTENSITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SD NEGERI 050631 TANJUNG KELILING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311167_Cover.pdf
Download (156kB)
1193311167_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (842kB)
1193311167_Abstrak.pdf
Download (213kB)
1193311167_Kata_Pengantar.pdf
Download (251kB)
1193311167_Daftar_Isi.pdf
Download (251kB)
1193311167_Daftar_Tabel.pdf
Download (185kB)
1193311167_Daftar_Gambar.pdf
Download (183kB)
1193311167_Daftar_Lampiran.pdf
Download (184kB)
1193311167_BAB_I.pdf
Download (333kB)
1193311167_BAB_V.pdf
Download (232kB)
1193311167_Daftar_Pustaka.pdf
Download (297kB)
Abstract
Intensitas belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Intensitas belajar yang dilakukan secara rutin mempunyai pengaruh pada hasil belajar siswa namun meskipun penting, siswa tidak boleh dipaksakan intensitas waktu belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan intensitas belajar siswa dengan hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada pembelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling yang berjumlah 33 orang siswa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu intensitas belajar siswa dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu hasil belajar PPKn. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, studi dokumenter, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas belajar siswa dikategorikan cukup dan hasil belajar pada ranah kognitif siswa dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat adanya hubungan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil data yang diperoleh pada penelitian ini, terdapat nilairxy sebesar 0,49 > nilai rtabel yaitu 0,355. Dengan demikian terdapat hubungan intensitas belajar dengan hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada pembelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling berada pada kategori cukup kuat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Intensitas Belajar, Hasil Belajar, Ranah Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:38 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58196 |