Paradita, Tarisa (2023) Pengemasan Pembelajaran Tari Melayu Tiga Serangkai Dalam Bentuk Modul Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2183141015 COVER.pdf
Download (63kB)
2. NIM.2183141015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2183141015 ABSTRACT.pdf
Download (179kB)
4. NIM.2183141015 PREFACE.pdf
Download (207kB)
5. NIM.2183141015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (161kB)
6. NIM.2183141015 LIST OF FIGURE.pdf
Download (68kB)
7. NIM.2183141015 LIST OF TABLE.pdf
Download (68kB)
8. NIM.2183141015 CHAPTER I.pdf
Download (323kB)
12. NIM.2183141015 CHAPTER V.pdf
Download (95kB)
13. NIM.2183141015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (149kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk kemasan materi pembelajaran Tari Melayu Tiga Serangkai dalam Bentuk Modul untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, deskriptif kualitatif yang dimaksud adalah hasil data observasi, wawancara, dokumentasi
dan hasil dari pengisian instrument penilaian dari ahli materi dan ahli media yang kemudian dideskipsikan secara kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori pengemasan oleh Cahyorini dan Rusfian (2011 : 28) yaitu pengemasan adalah
kegiatan yang terdiri dari desain grafis, informasi produk dan struktur desain. Sampel dalam penelitian ini ialah guru, seniman tari melayu dan model dalam penelitian yaitu 2 orang mahasiswa pendidikan tari 2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskripsi kualitatif dengan menggunakan standar kelayakan dari Eko Putro Wijoko S (2010:238). Hasil dari teknik analisis yang didapat ialah modul ini sudah layak diuji cobakan kelapangan sesuai dengan revisi ahli materi dan ahli media, ditunjukkan hasil instrument penilaian ahli materi dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,92 dengan kategori ‘Sangat Baik’. Modul ini memuat materi Tari Melayu Tiga Serangkai
berdasarkan konsep, teknik dan prosedur. Modul ini dilengkapi dengan gambar untuk memperjelas informasi. Kemudian hasil instrument penilaian ahli media dengan rata-rata keseluruhan skor sebesar 4 dengan kategori ‘Baik’. Dengan hasil dari keduanya maka Pengemasan Pembelajaran Tari Melayu Tiga Serangkai dalam Bentuk Modul untuk Siswa Sekolah Menengah Atas ini sudah layak diujicobakan kelapangan sesuai dengan revisi dari ahli materi dan ahli media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengemasan, Modul dan Tari Melayu Tiga Serangkai |
Subjects: | M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:25 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58189 |