Permainan Tradisional Melayu Sebagai Rangsang Kreatif Dalam Pembelajaran Tari Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa SMP Swasta Cerdas Murni

Putri, Sahneta Annisa (2023) Permainan Tradisional Melayu Sebagai Rangsang Kreatif Dalam Pembelajaran Tari Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa SMP Swasta Cerdas Murni. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2181141011 COVER.pdf] Text
1. NIM.2181141011 COVER.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 2. NIM.2181141011 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2181141011 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM.2181141011 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2181141011 ABSTRACT.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4. NIM.2181141011 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2181141011 PREFACE.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 5. NIM.2181141011 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2181141011 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 6. NIM.2181141011 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2181141011 LIST OF FIGURE.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 7. NIM.2181141011 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2181141011 LIST OF TABLE.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8. NIM.2181141011 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2181141011 CHAPTER I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 12. NIM.2181141011 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2181141011 CHAPTER V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 13. NIM.2181141011 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2181141011 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Permainan Tradisional Melayu Sebagai Rangsang Kreatif Dalam Pembelajaran Tari Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa SMP Swasta Cerdas Murni. Teori pembelajaran yang digunakan yaitu teori kreativitas menurut Utama Munandar. Dalam pembelajaran ini guru memberikan materi tentang proses kreatif dan kreativitas dalam membuat tarian kreasi melayu dengan menggunakan salah satu properti (Layang-layang)
permainan tradisional melayu sebagai bahan pembelajaran bagi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII-3 Swasta Cerdas Murni. Pengambilan sampel pada dalam penelitian ini adalah berjumlah 7 orang siswa kelas VIII-3. Metodologi dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung, studi kepustakaan dari buku/peneliti sebelumnya, dokumentasi dari data yang di dapat, dan melaksanakan tes untuk mengetahui hasil. Setelah menganalisis secara sistematis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hasil penerapan penilaian Kreativitas. Rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan teori pembelajaran kreativitas mengalami peningkatan dari rata-rata 72,00 (pre test) meningkat
menjadi rata-rata 84,42 (post test) hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan teori pembelajaran kreativitas pada pembelajaran tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-3 SMP Swasta Cerdas Murni. Hasil tersebut diperoleh dari analisa uji t berpasangan yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (2,39 > 1,7822), sehingga hipotesis penelitian diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran tari, rangsang kreatif dan permainan tradisional melayu, kreativitas
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 30 May 2024 04:14
Last Modified: 30 May 2024 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58183

Actions (login required)

View Item
View Item