Munthe, Chepriandi (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 106828 SUMBERJO T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193111024_Cover.pdf
Download (47kB)
1193111024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (632kB)
1193111024_Abstrak.pdf
Download (117kB)
1193111024_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
1193111024_Daftar_Isi.pdf
Download (151kB)
1193111024_Daftar_Tabel.pdf
Download (88kB)
1193111024_Daftar_Gambar.pdf
Download (87kB)
1193111024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (87kB)
1193111024_BAB_I.pdf
Download (318kB)
1193111024_BAB_V.pdf
Download (142kB)
1193111024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (184kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada kelas V SDN 106828 Sumberjo T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 106828 Sumberjo yang berjumlah 46 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dengan jumlah siswa 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB dengan jumlah siswa 23 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan analisis data, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 76,52 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model pembelajaran Discovery Learning adalah 60,87 Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN 106828 Sumberjo T.A 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Media Puzzle, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:14 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58174 |