PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 106828 SUMBERJO T.A 2023/2024

Munthe, Chepriandi (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 106828 SUMBERJO T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193111024_Cover.pdf] Text
1193111024_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 1193111024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of 1193111024_Abstrak.pdf] Text
1193111024_Abstrak.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 1193111024_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111024_Kata_Pengantar.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 1193111024_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111024_Daftar_Isi.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 1193111024_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111024_Daftar_Tabel.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193111024_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111024_Daftar_Gambar.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1193111024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1193111024_BAB_I.pdf] Text
1193111024_BAB_I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 1193111024_BAB_V.pdf] Text
1193111024_BAB_V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1193111024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada kelas V SDN 106828 Sumberjo T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 106828 Sumberjo yang berjumlah 46 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dengan jumlah siswa 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB dengan jumlah siswa 23 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan analisis data, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 76,52 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model pembelajaran Discovery Learning adalah 60,87 Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN 106828 Sumberjo T.A 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Media Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 30 May 2024 04:14
Last Modified: 30 May 2024 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58174

Actions (login required)

View Item
View Item