Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial Berbasis Hierarki Konsep untuk Pelajaran Kimia Kelas XI pada Materi Hidrolisis Garam

Chairunnisak (2023) Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial Berbasis Hierarki Konsep untuk Pelajaran Kimia Kelas XI pada Materi Hidrolisis Garam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196122013_Cover.pdf] Text
8196122013_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8196122013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196122013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8196122013_Abstrak.pdf] Text
8196122013_Abstrak.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 8196122013_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196122013_Kata_Pengantar.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 8196122013_Daftar_Isi.pdf] Text
8196122013_Daftar_Isi.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 8196122013_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196122013_Daftar_Tabel.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8196122013_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196122013_Daftar_Gambar.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8196122013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196122013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8196122013_BAB_I.pdf] Text
8196122013_BAB_I.pdf

Download (710kB)
[thumbnail of 8196122013_BAB_V.pdf] Text
8196122013_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 8196122013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196122013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (657kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media interaktif yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Adapun prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dari Borg and Gall dan langkah desain instruksional dari Dick and Carey yang terbagi menjadi 4 tahap meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Uji validitas media dilakukan oleh para validator ahli yang meliputi ahli materi kimia, ahli media dan ahli desain instruksional. Sedangkan uji praktikalitas dan uji efektifitas dilakukan pada siswa kelas XI MIA 2 SMA N 1 Karang Baru Aceh Tamiang. Hasil validasi media interaktif model tutorial berbasis hierarki konsep pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase 80,42% untuk ahli materi, 81,94% untuk ahli media, dan 83,61% untuk ahli desain pembelajaran. Adapun perolehan persentase skor praktikalitas media sebesar 89,57% yang termasuk kategori sangat praktis. Sedangkan keefektifan media terhadap peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat melalui hasil Uji N-gain pre-test dan post-test dimana skor rata-rata N-gain yang diperoleh sebesar 0,5 (kategori sedang) atau sebesar 56,34% yang termasuk kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 547.212 072 Cha p
Keywords: Media Interaktif, Tutorial, Hierarki Konsep, Hidrolisis Garam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 03:26
Last Modified: 30 May 2024 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58168

Actions (login required)

View Item
View Item