PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET PAPAN AKAR PANGKAT TIGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 018453 SIUMBUT-UMBUT T.A 2023/2024

Humaira, Azra (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET PAPAN AKAR PANGKAT TIGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 018453 SIUMBUT-UMBUT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192111006_Cover.pdf] Text
1192111006_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1192111006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192111006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192111006_Abstrak.pdf] Text
1192111006_Abstrak.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 1192111006_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192111006_Kata_Pengantar.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 1192111006_Daftar_Isi.pdf] Text
1192111006_Daftar_Isi.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1192111006_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192111006_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1192111006_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192111006_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1192111006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192111006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1192111006_BAB_I.pdf] Text
1192111006_BAB_I.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of 1192111006_BAB_V.pdf] Text
1192111006_BAB_V.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 1192111006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192111006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (481kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji efek penerapan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan menggunakan papan akar pangkat tiga terhadap pencapaian hasil belajar matematika di kelas V SDN 018453 Siumbut-Umbut pada tahun pelajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan metode kuantitatif. Desain penelitian quasi-experimental dilakukan melalui uji awal dan uji akhir pada dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen di SDN 018453 Siumbut-Umbut. Rata-rata nilai pre test pada kelas kontrol untuk materi akar pangkat tiga adalah 51,00, sedangkan pada post test mencapai 54,00. Kelas eksperimen mencatat rata-rata nilai pre test sebesar 53,75 dan post test sebesar 83,75. Jumlah populasi dalam penelitian ini mencakup 49 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Sampel yang diambil melibatkan seluruh siswa dari kelas VA (25 siswa) dan kelas VB (24 siswa). Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikan (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan t hitung (11,197) > t tabel (2,011) pada tingkat signifikansi ⍺ = 0,05. Dengan demikian, terbukti bahwa data tersebut memberikan bukti bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang didukung oleh media papan akar pangkat tiga terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN 018453 Siumbut-Umbut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Media Pakar Patiga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 30 May 2024 03:08
Last Modified: 30 May 2024 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58162

Actions (login required)

View Item
View Item