Humaira, Azra (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET PAPAN AKAR PANGKAT TIGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 018453 SIUMBUT-UMBUT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192111006_Cover.pdf
Download (48kB)
1192111006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1192111006_Abstrak.pdf
Download (353kB)
1192111006_Kata_Pengantar.pdf
Download (492kB)
1192111006_Daftar_Isi.pdf
Download (271kB)
1192111006_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
1192111006_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
1192111006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
1192111006_BAB_I.pdf
Download (629kB)
1192111006_BAB_V.pdf
Download (341kB)
1192111006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (481kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji efek penerapan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan menggunakan papan akar pangkat tiga terhadap pencapaian hasil belajar matematika di kelas V SDN 018453 Siumbut-Umbut pada tahun pelajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan metode kuantitatif. Desain penelitian quasi-experimental dilakukan melalui uji awal dan uji akhir pada dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen di SDN 018453 Siumbut-Umbut. Rata-rata nilai pre test pada kelas kontrol untuk materi akar pangkat tiga adalah 51,00, sedangkan pada post test mencapai 54,00. Kelas eksperimen mencatat rata-rata nilai pre test sebesar 53,75 dan post test sebesar 83,75. Jumlah populasi dalam penelitian ini mencakup 49 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Sampel yang diambil melibatkan seluruh siswa dari kelas VA (25 siswa) dan kelas VB (24 siswa). Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikan (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan t hitung (11,197) > t tabel (2,011) pada tingkat signifikansi ⍺ = 0,05. Dengan demikian, terbukti bahwa data tersebut memberikan bukti bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang didukung oleh media papan akar pangkat tiga terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN 018453 Siumbut-Umbut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Media Pakar Patiga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:08 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58162 |