PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 2 SUBTEMA 1 SDN 018453 SIUMBUT-UMBUT TAHUN AJARAN 2022/2023

Azzahra, Annisa (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 2 SUBTEMA 1 SDN 018453 SIUMBUT-UMBUT TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192111012_Cover.pdf] Text
1192111012_Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 1192111012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192111012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 1192111012_Abstrak.pdf] Text
1192111012_Abstrak.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 1192111012_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192111012_Kata_Pengantar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 1192111012_Daftar_Isi.pdf] Text
1192111012_Daftar_Isi.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1192111012_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192111012_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1192111012_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192111012_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1192111012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192111012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1192111012_BAB_I.pdf] Text
1192111012_BAB_I.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 1192111012_BAB_V.pdf] Text
1192111012_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1192111012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192111012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 2 Subtema 1 SDN 018453 Siumbut-umbut T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment. Desain penelitian ini adalah non-equivalent control group design, dimana kelas eksperimen dan kelas control dikenai pretest dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV terdiri dari kelas IVA – IVB di SDN 018453 Siumbut-umbut. Sampel dari penelitian ini ialah seluruh populasi penelitian yang berjumlah yaitu kelas IVA dan IVB yang berjumlah 44 orang. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 2 Subtema 1 SDN 018453 Siumbut- umbut T. A 2022/ 2023. Dibuktikan dengan hasil analisis uji Independent Sample T-Test terhadap posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 sedangkan taraf signifikan α = 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Flash Card, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 May 2024 08:04
Last Modified: 29 May 2024 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58138

Actions (login required)

View Item
View Item