PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 105354 PURWODADI T.A 2022/2023

Panjaitan, Arianti (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 105354 PURWODADI T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192411050_Cover.pdf] Text
1192411050_Cover.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192411050_Abstrak.pdf] Text
1192411050_Abstrak.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411050_Kata_Pengantar.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411050_Daftar_Isi.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411050_Daftar_Tabel.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411050_Daftar_Gambar.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411050_Daftar_Lampiran.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_BAB_I.pdf] Text
1192411050_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_BAB_V.pdf] Text
1192411050_BAB_V.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1192411050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas e-modul interaktif, praktikalitas e-modul interaktif, dan efektifitas e-modul interaktif yang dikembangkan pada tema 8 subtema 1 kelas IV SD. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap e-modul interaktif diperoleh skor dengan presentase sebesar 95% dengan kriteria "Sangat Layak". Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor dengan presentase 94% dengan kriteria "Sangat Layak". Hasil penilaian media oleh guru diperoleh skor dengan presentase 95% dengan kriteria "Sangat Praktis". Sedangkan hasil respon siswa diperoleh skor dengan presentase 93,5% dengan kriteria "Sangat Praktis". Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 74,41 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 84,85. Pembelajaran dengan menggunakan e-modul interaktif di kelas IV pada tema 8 subtema 1 efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 44,18 dengan kategori “Efektif”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul Interaktif berbasis Liveworksheet, Tema 8 Subtema 1, Penelitian dan Pengembangan, Model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 May 2024 08:08
Last Modified: 29 May 2024 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58137

Actions (login required)

View Item
View Item