PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA ANAK USIA DINI DI TK SYALOM BUNURAYA

Br. Ginting, Yosicha (2023) PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA ANAK USIA DINI DI TK SYALOM BUNURAYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191113015_Cover.pdf] Text
1191113015_Cover.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 1191113015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191113015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 1191113015_Abstrak.pdf] Text
1191113015_Abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1191113015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191113015_Kata_Pengantar.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 1191113015_Daftar_Isi.pdf] Text
1191113015_Daftar_Isi.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1191113015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191113015_Daftar_Tabel.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 1191113015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191113015_Daftar_Gambar.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 1191113015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191113015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1191113015_BAB_I.pdf] Text
1191113015_BAB_I.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 1191113015_BAB_V.pdf] Text
1191113015_BAB_V.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1191113015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191113015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (441kB)

Abstract

Peran Guru Dalam Pendidikan Karateristik Bangsa Anak Usia Dini di TK Syalom Bunuraya terbagi menjadi 3 peran yaitu peran guru sebagai pendidik, pembimbing dan model. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, pembimbing dan model dalam Pendidikan karakter bangsa anak usia dini di TK Syalom Bunuraya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 September hinga 11 November 2023. Sumber penelitian ini adalah guru kelas TK Syalom Bunuraya sebanyak 2 guru, subjek penelitian ini berdasarkan guru yang memiliki latar belakang Pendidikan yang berbeda diantaranya lulusan S1 SE (Sarjana Ekonomi) S1 S.Pd ( Sarjana Pendidikan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi non-partisipan dan wawancara terpimpin. Data Analisis data menggunakan analisis data Milles dan Humberman dengan tahap pengumpulan data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.peran guru sebagai pendidik di TK Syalom Bunuraya sebagai pengayom, pendamping, pelayan, 2. Peran guru sebagai pembimbing sebagai pengarah, pengontrol, pemantau, pengawal, dan pengingat.3. Peran guru sebagai model menyelaraskan ucapan dengan perbuatan serta menampilkan penampilan yang rapi dan sopan santun di dalam dan di luar sekolah. Kendala yang dihadapi guru sebagai pendidik yaitu guru yang mengganggap semua karaterisktik anak sama baik minat bakat dan keterampilan dan kognitif menjadi faktor utama yaitu calistung untuk menunjang pendidikannya di sekolah dasar sebagai pembimbing guru tidak lulusan S1 PAUD sehingga pengetahuannya kurang luas akan dunia anak. Sebagai model guru tidak konsisten terhadap peran yang di lakukan dengan berpenampilan yang kurang sopan dengan memakai gaun ke sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran Guru, Pendidikan Karakter Bangsa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 May 2024 03:15
Last Modified: 29 May 2024 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58121

Actions (login required)

View Item
View Item