Br. Ginting, Yosicha (2023) PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA ANAK USIA DINI DI TK SYALOM BUNURAYA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1191113015_Cover.pdf
Download (188kB)
1191113015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (552kB)
1191113015_Abstrak.pdf
Download (205kB)
1191113015_Kata_Pengantar.pdf
Download (356kB)
1191113015_Daftar_Isi.pdf
Download (246kB)
1191113015_Daftar_Tabel.pdf
Download (172kB)
1191113015_Daftar_Gambar.pdf
Download (261kB)
1191113015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (171kB)
1191113015_BAB_I.pdf
Download (520kB)
1191113015_BAB_V.pdf
Download (230kB)
1191113015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (441kB)
Abstract
Peran Guru Dalam Pendidikan Karateristik Bangsa Anak Usia Dini di TK Syalom Bunuraya terbagi menjadi 3 peran yaitu peran guru sebagai pendidik, pembimbing dan model. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, pembimbing dan model dalam Pendidikan karakter bangsa anak usia dini di TK Syalom Bunuraya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 September hinga 11 November 2023. Sumber penelitian ini adalah guru kelas TK Syalom Bunuraya sebanyak 2 guru, subjek penelitian ini berdasarkan guru yang memiliki latar belakang Pendidikan yang berbeda diantaranya lulusan S1 SE (Sarjana Ekonomi) S1 S.Pd ( Sarjana Pendidikan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi non-partisipan dan wawancara terpimpin. Data Analisis data menggunakan analisis data Milles dan Humberman dengan tahap pengumpulan data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.peran guru sebagai pendidik di TK Syalom Bunuraya sebagai pengayom, pendamping, pelayan, 2. Peran guru sebagai pembimbing sebagai pengarah, pengontrol, pemantau, pengawal, dan pengingat.3. Peran guru sebagai model menyelaraskan ucapan dengan perbuatan serta menampilkan penampilan yang rapi dan sopan santun di dalam dan di luar sekolah. Kendala yang dihadapi guru sebagai pendidik yaitu guru yang mengganggap semua karaterisktik anak sama baik minat bakat dan keterampilan dan kognitif menjadi faktor utama yaitu calistung untuk menunjang pendidikannya di sekolah dasar sebagai pembimbing guru tidak lulusan S1 PAUD sehingga pengetahuannya kurang luas akan dunia anak. Sebagai model guru tidak konsisten terhadap peran yang di lakukan dengan berpenampilan yang kurang sopan dengan memakai gaun ke sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru, Pendidikan Karakter Bangsa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:15 |
Last Modified: | 29 May 2024 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58121 |