Marpaung, Fadilah (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN PETA KONSEP DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8136176012 1.COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
NIM.8136176012 2. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
NIM.8136176012 3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
NIM.8136176012 4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
NIM.8136176012 5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
NIM.8136176012 6.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
NIM.8136176012 7.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
NIM.8136176012 8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
NIM.8136176012 9.BAB I.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
NIM.8136176012 13.BAB V.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
NIM.8136176012 14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis hasil belajar keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori, (2) untuk menganalisis hasil belajar keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah dibawah rata-rata, dan (3) untuk menganalisis interaksi model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan pembelajaran ekspositori dengan sikap ilmiah terhadap hasil belajar keterampilan proses sains siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel secara sampling total sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan kelas kedua dengan pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan adalah tes essay berbasis keterampilan proses sains yang telah valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukan: (1) keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori. (2) keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah dibawah rata-rata dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan pembelajaran ekspositori dengan sikap ilmah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mar e |
Keywords: | Model pembelajaran; Struktur pengajaran; Sistem sosial; Hasil belajar; Sikap ilmiah; Proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 04:08 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5809 |