Pengembangan Model Pembelajaran “Project Citizen” Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SMP Negeri 2 Siantar

Sidauruk, Mei Lasriani (2023) Pengembangan Model Pembelajaran “Project Citizen” Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SMP Negeri 2 Siantar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216122017_Cover.pdf] Text
8216122017_Cover.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 8216122017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216122017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of 8216122017_Abstrak.pdf] Text
8216122017_Abstrak.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 8216122017_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216122017_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8216122017_Daftar_Isi.pdf] Text
8216122017_Daftar_Isi.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 8216122017_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216122017_Daftar_Tabel.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 8216122017_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216122017_Daftar_Gambar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8216122017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216122017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8216122017_BAB_I.pdf] Text
8216122017_BAB_I.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of 8216122017_BAB_V.pdf] Text
8216122017_BAB_V.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 8216122017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216122017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis E-learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall dan dipadukan dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 2 Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 64 orang siswa yang terdiri dari 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Citizen berbasis E-learning dan 32 orang siswa sebagai kelas control yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme. Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Citizen berbasis E-learning dengan hasil belajar PPKn yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme. Hal ini ditunjukan dengan perolehan data yaitu = 2,55 sedangkan = 1,99 dengan dk = + pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan model pembelajaran Project Citizen berbasis E-learning sebesar 71,75% sedangkan efektifitas penggunaan model pembelajaran Konstruktivisme sebesar 66,25%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sid p
Keywords: Model pembelajaran project citizen berbasis e-learning, model pembelajaran konstruktivisme, hasil belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 05:49
Last Modified: 28 May 2024 05:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58057

Actions (login required)

View Item
View Item