Sidauruk, Mei Lasriani (2023) Pengembangan Model Pembelajaran “Project Citizen” Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SMP Negeri 2 Siantar. Masters thesis, UNIMED.
8216122017_Cover.pdf
Download (74kB)
8216122017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (494kB)
8216122017_Abstrak.pdf
Download (379kB)
8216122017_Kata_Pengantar.pdf
Download (278kB)
8216122017_Daftar_Isi.pdf
Download (128kB)
8216122017_Daftar_Tabel.pdf
Download (286kB)
8216122017_Daftar_Gambar.pdf
Download (179kB)
8216122017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
8216122017_BAB_I.pdf
Download (683kB)
8216122017_BAB_V.pdf
Download (277kB)
8216122017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (330kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis E-learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall dan dipadukan dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 2 Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 64 orang siswa yang terdiri dari 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Citizen berbasis E-learning dan 32 orang siswa sebagai kelas control yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme. Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Citizen berbasis E-learning dengan hasil belajar PPKn yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme. Hal ini ditunjukan dengan perolehan data yaitu = 2,55 sedangkan = 1,99 dengan dk = + pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan model pembelajaran Project Citizen berbasis E-learning sebesar 71,75% sedangkan efektifitas penggunaan model pembelajaran Konstruktivisme sebesar 66,25%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sid p |
Keywords: | Model pembelajaran project citizen berbasis e-learning, model pembelajaran konstruktivisme, hasil belajar PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 05:49 |
Last Modified: | 28 May 2024 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58057 |