Silalahi, Marningot H. (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII SMP Negeri 3 Pulau Rakyat. Masters thesis, UNIMED.
8216182002_Cover.pdf
Download (58kB)
8216182002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (181kB)
8216182002_Abstrak.pdf
Download (142kB)
8216182002_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
8216182002_Daftar_Isi.pdf
Download (93kB)
8216182002_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
8216182002_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
8216182002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
8216182002_BAB_I.pdf
Download (344kB)
8216182002_BAB_V.pdf
Download (195kB)
8216182002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (258kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengevaluasi kelayakan e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Pulau Rakyat, (2) Untuk mengevaluasi kepraktisan e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Pulau Rakyat, dan (3) Untuk mengevaluasi efektivitas e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Pulau Rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE untuk menghasilkan e-modul pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajaran IPA. Adapun hasil penelitian ini dilihat dari hasil uji kelayakan memperoleh rata-rata keseluruhan adalah 95,15% dengan kriteria sangat baik, dengan demikian e-modul dinyatakan layak digunakan pada pembelajaran. Ketuntasan belajar siswa berasal dari nilai post-test yang dilakukan oleh peneliti pada tahap evaluation. berdasarkan tabel 4.8 presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 83,90%, hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA telah memenuhi aspek keefektifan. kepraktisan pengembangan e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 89,6% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hal ini berarti emodul yang dikembangkan layak digunakan dan memberikan implikasi positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan kecepatan belajar masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sil p |
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran E Modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 05:23 |
Last Modified: | 28 May 2024 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58053 |