Pengembangan E-Modul Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII SMP Negeri 3 Pulau Rakyat

Silalahi, Marningot H. (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII SMP Negeri 3 Pulau Rakyat. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182002_Cover.pdf] Text
8216182002_Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 8216182002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 8216182002_Abstrak.pdf] Text
8216182002_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 8216182002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182002_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182002_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182002_Daftar_Isi.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 8216182002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182002_Daftar_Tabel.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 8216182002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182002_Daftar_Gambar.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 8216182002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216182002_BAB_I.pdf] Text
8216182002_BAB_I.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 8216182002_BAB_V.pdf] Text
8216182002_BAB_V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 8216182002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengevaluasi kelayakan e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Pulau Rakyat, (2) Untuk mengevaluasi kepraktisan e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Pulau Rakyat, dan (3) Untuk mengevaluasi efektivitas e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Pulau Rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE untuk menghasilkan e-modul pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajaran IPA. Adapun hasil penelitian ini dilihat dari hasil uji kelayakan memperoleh rata-rata keseluruhan adalah 95,15% dengan kriteria sangat baik, dengan demikian e-modul dinyatakan layak digunakan pada pembelajaran. Ketuntasan belajar siswa berasal dari nilai post-test yang dilakukan oleh peneliti pada tahap evaluation. berdasarkan tabel 4.8 presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 83,90%, hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA telah memenuhi aspek keefektifan. kepraktisan pengembangan e-modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat pada pembelajaran IPA memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 89,6% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hal ini berarti emodul yang dikembangkan layak digunakan dan memberikan implikasi positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan kecepatan belajar masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Sil p
Keywords: Pengembangan media pembelajaran E Modul berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 05:23
Last Modified: 28 May 2024 05:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58053

Actions (login required)

View Item
View Item