Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik Subtema Perubahan Energi Fase B Di SD Negeri 169 Purba Julu

Hafifah, Nadia Bismi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik Subtema Perubahan Energi Fase B Di SD Negeri 169 Purba Julu. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216181001_Cover.pdf] Text
8216181001_Cover.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8216181001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216181001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 8216181001_Abstrak.pdf] Text
8216181001_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 8216181001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216181001_Kata_Pengantar.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 8216181001_Daftar_Isi.pdf] Text
8216181001_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 8216181001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216181001_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8216181001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216181001_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8216181001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216181001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8216181001_BAB_I.pdf] Text
8216181001_BAB_I.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 8216181001_BAB_V.pdf] Text
8216181001_BAB_V.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 8216181001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216181001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) media pembelajaran Pop-Up Book yang bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book yang inovatif dan interaktif; (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran Pop-UP Book Perubahan Energi; (3) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran Pop-UP Book Perubahan Energi pada peserta didik Fase B SD Negeri 169 Purba Julu. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran Pop-Up Book Perubahan Energi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai validitas (materi sebesar 93% dengan kategori sangat layak, untuk nilai validitas bahasa sebesar 92,7% dengan kategori sangat layak, dan untuk nilai validitas desain sebesar 92% dengan kategori sangat layak). 2) Untuk repon guru diperoleh nilai sebesar 92,3% dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk respons peserta didik sebesar 90% dengan kategori positif. 3) Untuk nilai keefektifan peserta didik dilihat dari nilai n-Gain diperoleh sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Sedangkan untuk melihat tingkat keterampilan berbahasa peserta didik diperoleh nilai sebesar 90,59% meningkat dari sebelum penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book, selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didik. media pembelajaran Pop-Up Book juga praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.6 Haf p
Keywords: Media Pop-Up Book, Perubahan Energi, Keterampilan Berbahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 05:13
Last Modified: 28 May 2024 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58049

Actions (login required)

View Item
View Item