Hafifah, Nadia Bismi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik Subtema Perubahan Energi Fase B Di SD Negeri 169 Purba Julu. Masters thesis, UNIMED.
8216181001_Cover.pdf
Download (238kB)
8216181001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (265kB)
8216181001_Abstrak.pdf
Download (242kB)
8216181001_Kata_Pengantar.pdf
Download (379kB)
8216181001_Daftar_Isi.pdf
Download (245kB)
8216181001_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
8216181001_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
8216181001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
8216181001_BAB_I.pdf
Download (678kB)
8216181001_BAB_V.pdf
Download (490kB)
8216181001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (506kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) media pembelajaran Pop-Up Book yang bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book yang inovatif dan interaktif; (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran Pop-UP Book Perubahan Energi; (3) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran Pop-UP Book Perubahan Energi pada peserta didik Fase B SD Negeri 169 Purba Julu. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran Pop-Up Book Perubahan Energi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai validitas (materi sebesar 93% dengan kategori sangat layak, untuk nilai validitas bahasa sebesar 92,7% dengan kategori sangat layak, dan untuk nilai validitas desain sebesar 92% dengan kategori sangat layak). 2) Untuk repon guru diperoleh nilai sebesar 92,3% dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk respons peserta didik sebesar 90% dengan kategori positif. 3) Untuk nilai keefektifan peserta didik dilihat dari nilai n-Gain diperoleh sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Sedangkan untuk melihat tingkat keterampilan berbahasa peserta didik diperoleh nilai sebesar 90,59% meningkat dari sebelum penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book, selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didik. media pembelajaran Pop-Up Book juga praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Haf p |
Keywords: | Media Pop-Up Book, Perubahan Energi, Keterampilan Berbahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 05:13 |
Last Modified: | 28 May 2024 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58049 |