PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN STRATEGI PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2022/2023

Nasution, Siti Walidah (2024) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN STRATEGI PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193151030_Cover.pdf] Text
1193151030_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 1193151030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193151030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 1193151030_Abstrak.pdf] Text
1193151030_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1193151030_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193151030_Kata_Pengantar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1193151030_Daftar_Isi.pdf] Text
1193151030_Daftar_Isi.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 1193151030_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193151030_Daftar_Tabel.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1193151030_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193151030_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193151030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193151030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193151030_BAB_I.pdf] Text
1193151030_BAB_I.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 1193151030_BAB_V.pdf] Text
1193151030_BAB_V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1193151030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193151030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap pengurangan prokrastinasi akademik peserta didik pada siswa SMP Negeri 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Preeksperimental Design. Menggunakan perancangan One Group Pre-test - Post-test Design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yaitu kelas VIII6. Rata-rata skor pre-test sebesar 102,2 sedangkan data Post-test setelah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa diperoleh rata-rata sebesar 82,96. Artinya skor rata- rata prokrastinasi akademik siswa lebih tinggi sebelum mendapatkan layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa, dan setelah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa maka sikap prokrastinasi akademik siswa menjadi menurun sebesar 19%. Dan apabila dilihat dari jenis kelamin, prokrastinasi akademik subjek laki-laki tidak jauh berbeda dengan subjek Perempuan. Hal tersebut dilihat dari jumlah perbandingan skor rata-rata hasil post-test laki-laki 81 dan skor rata-rata subjek Perempuan 84,93. Artinya prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki lebih rendah daripada siswa Perempuan. Data analisis menggunakan uji Wilcoxon yang dimana Jhitung = 190 α = 0,05 dan N = 30 sehingga Jtabel adalah 109. Data tersebut dapat dilihat bahwa Jhitung > Jtabel yaitu 190 > 109. Artinya ada pengaruh layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar pada siswa SMP Negri 17 Medan T.A 2022/2023 atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Layanan Penguasaan Konten, Prokrastinasi Akademik Siswa, Pengaturan Diri Dalam Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 May 2024 05:01
Last Modified: 28 May 2024 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58037

Actions (login required)

View Item
View Item