Nasution, Siti Walidah (2024) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN STRATEGI PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193151030_Cover.pdf
Download (51kB)
1193151030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (364kB)
1193151030_Abstrak.pdf
Download (209kB)
1193151030_Kata_Pengantar.pdf
Download (191kB)
1193151030_Daftar_Isi.pdf
Download (167kB)
1193151030_Daftar_Tabel.pdf
Download (175kB)
1193151030_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
1193151030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1193151030_BAB_I.pdf
Download (540kB)
1193151030_BAB_V.pdf
Download (205kB)
1193151030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (167kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap pengurangan prokrastinasi akademik peserta didik pada siswa SMP Negeri 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Preeksperimental Design. Menggunakan perancangan One Group Pre-test - Post-test Design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yaitu kelas VIII6. Rata-rata skor pre-test sebesar 102,2 sedangkan data Post-test setelah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa diperoleh rata-rata sebesar 82,96. Artinya skor rata- rata prokrastinasi akademik siswa lebih tinggi sebelum mendapatkan layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa, dan setelah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa maka sikap prokrastinasi akademik siswa menjadi menurun sebesar 19%. Dan apabila dilihat dari jenis kelamin, prokrastinasi akademik subjek laki-laki tidak jauh berbeda dengan subjek Perempuan. Hal tersebut dilihat dari jumlah perbandingan skor rata-rata hasil post-test laki-laki 81 dan skor rata-rata subjek Perempuan 84,93. Artinya prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki lebih rendah daripada siswa Perempuan. Data analisis menggunakan uji Wilcoxon yang dimana Jhitung = 190 α = 0,05 dan N = 30 sehingga Jtabel adalah 109. Data tersebut dapat dilihat bahwa Jhitung > Jtabel yaitu 190 > 109. Artinya ada pengaruh layanan penguasaan konten menggunakan strategi pengaturan diri dalam belajar pada siswa SMP Negri 17 Medan T.A 2022/2023 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Layanan Penguasaan Konten, Prokrastinasi Akademik Siswa, Pengaturan Diri Dalam Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 May 2024 05:01 |
Last Modified: | 28 May 2024 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58037 |