Pengembangan Instrumen Asesmen Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Google Form Pada Materi Segi Empatdi Kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan

Habibah, Nur (2023) Pengembangan Instrumen Asesmen Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Google Form Pada Materi Segi Empatdi Kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182043_Cover.pdf] Text
8216182043_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8216182043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 8216182043_Abstrak.pdf] Text
8216182043_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8216182043_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182043_Kata_Pengantar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8216182043_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182043_Daftar_Isi.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8216182043_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182043_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8216182043_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182043_Daftar_Gambar.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 8216182043_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182043_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8216182043_BAB_I.pdf] Text
8216182043_BAB_I.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 8216182043_BAB_V.pdf] Text
8216182043_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 8216182043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (144kB)

Abstract

Instrumen dalam pembelajaran memiliki peran penting dalam mendapatkan informasi mengenai mencapaian kompetensi peserta didik secara objektif. Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektivan instrumen profil pelajar Pancasila yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian mengembangan yang dilakukan dengan menggunakan penyusunan instrumen tes dan nontes oleh Mardapi. Subjek dalam peneltian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan berjumlah 44 peserta didik. Dari hasil uji coba diperoleh: 1) validitas instrumen yang dikembangkan valid ditinjau dari hasil validasi muka dan validasi isi. Serta hasil uji coba dengan peserta didik dinyatakan valid dan memiliki reliabilitas tinggi. 2) kepraktisan instrumen telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari a) kevalidan instrumen oleh ahli; b) kuesioner respon guru dengan skor rata-rata presentase 87%. c) kuesioner respon peserta didik dengan rata-rata presentase 76%. 3) keefektivan instrumen ditinjau dari hasil pretest dan posttest peserta didik dengan uji T dengan SPSS dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) < 0,05, artinya memiliki perbedaan hasil pretest dan posttest. Sedangkan ketuntasan klasikal tercapai pada 82,5% berdasarkan hasil posttest peserta didik. Respon positif peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan perolehan 79%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Hab p
Keywords: Pengembangan Instrumen, Profil Pelajar Pancasila,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 04:56
Last Modified: 28 May 2024 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58032

Actions (login required)

View Item
View Item