Pengembangan Video Tutorial Bordir di Lembaga Kursus Kota Medan

Br Sirait, Silva Aisan Niram (2022) Pengembangan Video Tutorial Bordir di Lembaga Kursus Kota Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5172143011 COVER.pdf] Text
1. NIM 5172143011 COVER.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 2. NIM 5172143011 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5172143011 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 5172143011 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5172143011 ABSTRACT.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 4. NIM 5172143011 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5172143011 PREFACE.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 5. NIM 5172143011 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 5172143011 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 6. NIM 5172143011 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5172143011 TABLES.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 7. NIM 5172143011 ILLUSTRATIONS.pdf] Text
7. NIM 5172143011 ILLUSTRATIONS.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 8. NIM 5172143011 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5172143011 APPENDICES.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 9. NIM 5172143011 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5172143011 CHAPTER I.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 13. NIM 5172143011 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5172143011 CHAPTER V.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 14. NIM 5172143011 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5172143011 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengembangan video tutorial
bordir di Lembaga Kursus Kota Medan. 2) Mengetahui kelayakan video tutorial
bordir di Lembaga Kursus Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) menggunakan model Dick & Carey. Penelitian
ini dilakukan di lembaga kursus yang ada di kota Medan.
Subjek penelitian ini merupakan peserta didik di LKP Dewi, Ita Bordir, Adinda
Bordir dan Atun Bordir di kota Medan. Objek penelitian ini adalah pembuatan
taplak meja menggunakan jenis teknik bordir yang dibuat dalam bentuk media
video tutorial.
Hasil penelitian pengembangan video tutorial menunjukkan bahwa hasil rata-rata
persentase skor analisis kebutuhan peserta didik 91,9% dan analisis kebutuhan
instruktur 87,3%. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa video tutorial pada
pembuatan jenis teknik bordir dinyatakan masuk dalam kategori layak dengan
melalui beberapa tahapan yaitu validasi ahli materi dengan rata-rata persentase
skor 90,7% dengan kriteria “Sangat Baik“ dan validasi ahli media dengan rata-rata
persentase skor 89,2% dengan kriteria “Baik“. Hal tersebut membuktikan bahwa
media pembelajaran menggunakan video tutorial yang dikembangkan sangat
layak digunakan pada pembelajaran bordir dalam materi jenis teknik bordir. Hasil
penelitian berdasarkan angket respon siswa yang diperoleh melalui uji coba 91,3%
dengan kriteria “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan video
tutorial pada saat pembelajaran bordir pada materi jenis teknik bordir sudah
efektif dan layak untuk digunakan pada kompetensi pembuatan bordir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video Tutorial Bordir; Lembaga Kursus
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 28 May 2024 04:05
Last Modified: 28 May 2024 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57998

Actions (login required)

View Item
View Item