Br Sirait, Silva Aisan Niram (2022) Pengembangan Video Tutorial Bordir di Lembaga Kursus Kota Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5172143011 COVER.pdf
Download (248kB)
2. NIM 5172143011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 5172143011 ABSTRACT.pdf
Download (383kB)
4. NIM 5172143011 PREFACE.pdf
Download (367kB)
5. NIM 5172143011 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (297kB)
6. NIM 5172143011 TABLES.pdf
Download (242kB)
7. NIM 5172143011 ILLUSTRATIONS.pdf
Download (369kB)
8. NIM 5172143011 APPENDICES.pdf
Download (240kB)
9. NIM 5172143011 CHAPTER I.pdf
Download (603kB)
13. NIM 5172143011 CHAPTER V.pdf
Download (409kB)
14. NIM 5172143011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (296kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengembangan video tutorial
bordir di Lembaga Kursus Kota Medan. 2) Mengetahui kelayakan video tutorial
bordir di Lembaga Kursus Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) menggunakan model Dick & Carey. Penelitian
ini dilakukan di lembaga kursus yang ada di kota Medan.
Subjek penelitian ini merupakan peserta didik di LKP Dewi, Ita Bordir, Adinda
Bordir dan Atun Bordir di kota Medan. Objek penelitian ini adalah pembuatan
taplak meja menggunakan jenis teknik bordir yang dibuat dalam bentuk media
video tutorial.
Hasil penelitian pengembangan video tutorial menunjukkan bahwa hasil rata-rata
persentase skor analisis kebutuhan peserta didik 91,9% dan analisis kebutuhan
instruktur 87,3%. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa video tutorial pada
pembuatan jenis teknik bordir dinyatakan masuk dalam kategori layak dengan
melalui beberapa tahapan yaitu validasi ahli materi dengan rata-rata persentase
skor 90,7% dengan kriteria “Sangat Baik“ dan validasi ahli media dengan rata-rata
persentase skor 89,2% dengan kriteria “Baik“. Hal tersebut membuktikan bahwa
media pembelajaran menggunakan video tutorial yang dikembangkan sangat
layak digunakan pada pembelajaran bordir dalam materi jenis teknik bordir. Hasil
penelitian berdasarkan angket respon siswa yang diperoleh melalui uji coba 91,3%
dengan kriteria “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan video
tutorial pada saat pembelajaran bordir pada materi jenis teknik bordir sudah
efektif dan layak untuk digunakan pada kompetensi pembuatan bordir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video Tutorial Bordir; Lembaga Kursus |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:05 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57998 |