Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Makanan Sehat Pada Siswa Kelas V SD 104197 Desa Klambir

Khairani, Liza Ayu (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Makanan Sehat Pada Siswa Kelas V SD 104197 Desa Klambir. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182011_Cover.pdf] Text
8216182011_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8216182011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 8216182011_Abstrak.pdf] Text
8216182011_Abstrak.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8216182011_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182011_Kata_Pengantar.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 8216182011_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182011_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182011_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182011_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182011_BAB_I.pdf] Text
8216182011_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182011_BAB_V.pdf] Text
8216182011_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM pada tema makanan sehat kelas V SD Negeri 104197 Desa Klambir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104197 Desa Klambir, pada saat uji coba lapangan subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes.Berdasarkan hasil penelitian, multimedia interaktif berbasis STEM yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 91,20% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Menurut validator ahli materi persentase kelayakan adalah 94,44% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Hasil validasi oleh ahli desain instruksional memperoleh persentase kelayakan adalah 93,33% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Serta menurut praktisi pendidikan memperoleh persentase kelayakan 93% termasuk kriteria “sangat layak”. Hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil masing-masing mendapatkan rata-rata 94% dan 93% yakni berada pada kategori “sangat layak”. Pada tahap uji coba lapangan kriteria keefektifan tercapai dengan jumlah siswa yang mencapai 28 orang pada post-test atau sekitar 93,33% dengan hasil gain score diklasifikasikan dalam kriteria efektivitas “sedang” dengan skor 0,54 sehingga multimedia interaktif berbasis STEM efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Kha p
Keywords: Multimedia Interaktif, Sistem Pencernaan manusia, STEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 03:56
Last Modified: 28 May 2024 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57993

Actions (login required)

View Item
View Item