Pengembangan E-Modul Ekonomi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan

Harefa, Johan Sejahtera (2023) Pengembangan E-Modul Ekonomi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216166007_Cover.pdf] Text
8216166007_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 8216166007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216166007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of 8216166007_Abstrak.pdf] Text
8216166007_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8216166007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216166007_Kata_Pengantar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 8216166007_Daftar_Isi.pdf] Text
8216166007_Daftar_Isi.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 8216166007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216166007_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8216166007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216166007_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 8216166007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216166007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 8216166007_BAB_I.pdf] Text
8216166007_BAB_I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 8216166007_BAB_V.pdf] Text
8216166007_BAB_V.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8216166007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216166007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kelayakan e-modul ekonomi berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 Medan; (2) keefektifan e-modul ekonomi berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket tanggapan guru dan angket respon siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 Medan, kelas XI-IPS 1 berjumlah 36 siswa dan kelas XI-IPS 2 berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul ekonomi berbasis contextual teaching and learning layak digunakan untuk siswa XI-IPS SMA Negeri 7 Medan, berdasarkan validasi ahli materi untuk e-modul sebesar 82,29% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media untuk e-modul sebesar 80,38% dengan kategori layak, validasi ahli desain untuk e-modul sebesar 85,22% dengan kategori sangat layak. Sedangkan penilaian guru mata pelajaran ekonomi untuk e-modul sebesar 86,11% dengan kategori sangat baik, hasil uji coba perorangan sebesar 87,05% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 88,49% dengan kategori sangat baik dan uji coba lapangan sebesar 91,17% dengan kategori sangat baik. E-modul ekonomi berbasis contextual teaching and learning efektif digunakan untuk siswa XI-IPS SMA Negeri 7 Medan berdasarkan hasil Uji-t dimana nilai sig 2 tailed sebesar 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan e-modul dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul ekonomi berbasis contextual teaching and learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 330.72 Har p
Keywords: Pengembangan E-Modul Ekonomi, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 01:52
Last Modified: 28 May 2024 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57939

Actions (login required)

View Item
View Item