Harefa, Johan Sejahtera (2023) Pengembangan E-Modul Ekonomi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Masters thesis, UNIMED.
8216166007_Cover.pdf
Download (69kB)
8216166007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (863kB)
8216166007_Abstrak.pdf
Download (89kB)
8216166007_Kata_Pengantar.pdf
Download (253kB)
8216166007_Daftar_Isi.pdf
Download (142kB)
8216166007_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
8216166007_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
8216166007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (80kB)
8216166007_BAB_I.pdf
Download (460kB)
8216166007_BAB_V.pdf
Download (175kB)
8216166007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (263kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kelayakan e-modul ekonomi berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 Medan; (2) keefektifan e-modul ekonomi berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket tanggapan guru dan angket respon siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 Medan, kelas XI-IPS 1 berjumlah 36 siswa dan kelas XI-IPS 2 berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul ekonomi berbasis contextual teaching and learning layak digunakan untuk siswa XI-IPS SMA Negeri 7 Medan, berdasarkan validasi ahli materi untuk e-modul sebesar 82,29% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media untuk e-modul sebesar 80,38% dengan kategori layak, validasi ahli desain untuk e-modul sebesar 85,22% dengan kategori sangat layak. Sedangkan penilaian guru mata pelajaran ekonomi untuk e-modul sebesar 86,11% dengan kategori sangat baik, hasil uji coba perorangan sebesar 87,05% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 88,49% dengan kategori sangat baik dan uji coba lapangan sebesar 91,17% dengan kategori sangat baik. E-modul ekonomi berbasis contextual teaching and learning efektif digunakan untuk siswa XI-IPS SMA Negeri 7 Medan berdasarkan hasil Uji-t dimana nilai sig 2 tailed sebesar 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan e-modul dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul ekonomi berbasis contextual teaching and learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Har p |
Keywords: | Pengembangan E-Modul Ekonomi, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:52 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57939 |