PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Lubis, Rasmi Wahyuni (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193351040_Cover.pdf] Text
1193351040_Cover.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 1193351040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 1193351040_Abstrak.pdf] Text
1193351040_Abstrak.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 1193351040_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351040_Kata_Pengantar.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1193351040_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351040_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1193351040_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351040_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193351040_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351040_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193351040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193351040_BAB_I.pdf] Text
1193351040_BAB_I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 1193351040_BAB_V.pdf] Text
1193351040_BAB_V.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 1193351040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193351040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Subjek penelitian dikumpulkan siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 10 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan skala valid dan reliabel. Skala diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Data skor rata-rata pre-test 71,2 dan skor rata-rata post-test 128,3 maka selisih skor rata-rata 52 artinya rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa lebih tinggi sesudah diberikan bimbingan kelompok teknik problem solving maka keterampilan berpikir kritis siswa menjadi meningkat 41%. Data analisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan positif dan signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik problem solving. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon jumlah jenjang bertanda positif = 36 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 19. Jadi, nilai J = 19 yaitu jumlah jenjang yang lebih besar. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon dengan n = 10, = 0, 05, maka diperoleh J dimana 19 > 8. Artinya bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP 17 Medan Tahun Ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712 Developmental psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 27 May 2024 09:19
Last Modified: 27 May 2024 09:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57934

Actions (login required)

View Item
View Item