Lubis, Rasmi Wahyuni (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193351040_Cover.pdf
Download (129kB)
1193351040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (320kB)
1193351040_Abstrak.pdf
Download (315kB)
1193351040_Kata_Pengantar.pdf
Download (256kB)
1193351040_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
1193351040_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
1193351040_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
1193351040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1193351040_BAB_I.pdf
Download (374kB)
1193351040_BAB_V.pdf
Download (312kB)
1193351040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (237kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Subjek penelitian dikumpulkan siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 10 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan skala valid dan reliabel. Skala diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Data skor rata-rata pre-test 71,2 dan skor rata-rata post-test 128,3 maka selisih skor rata-rata 52 artinya rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa lebih tinggi sesudah diberikan bimbingan kelompok teknik problem solving maka keterampilan berpikir kritis siswa menjadi meningkat 41%. Data analisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan positif dan signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik problem solving. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon jumlah jenjang bertanda positif = 36 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 19. Jadi, nilai J = 19 yaitu jumlah jenjang yang lebih besar. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon dengan n = 10, = 0, 05, maka diperoleh J dimana 19 > 8. Artinya bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP 17 Medan Tahun Ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712 Developmental psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 27 May 2024 09:19 |
Last Modified: | 27 May 2024 09:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57934 |