Nasution, Siti Nurbaiti (2022) PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA PADA PEMBELAJARAN TARI MELAYU MELALUI MEDIA BUKU BINDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUALUH LEIDONG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173341005 COVER.pdf
Download (78kB)
2. NIM 2173341005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (915kB)
3. NIM 2173341005 ABSTRACT.pdf
Download (55kB)
4. NIM 2173341005 PREFACE.pdf
Download (131kB)
5. NIM 2173341005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (99kB)
6. NIM 2173341005 LIST OF TABLES.pdf
Download (53kB)
7. NIM 2173341005 LIST OF IMAGES.pdf
Download (53kB)
8. NIM 2173341005 CHAPTER I.pdf
Download (331kB)
12. NIM 2173341005 CHAPTER V.pdf
Download (222kB)
13. NIM 2173341005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (223kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode sugestopedia pada pembelajaran Tari Melayu melalui media buku binder siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kualuh Leidong. Teori yang digunakan pada metode sugestopedia adalah teori Lozanof, metode sugestopedia merupakan metode ajar yang berdasarkan pemahaman modern bagaimana belajar paling efektif dan diarahkan untuk melakukan sesuatu dengan memberikan sugesti. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kualuh Leidong. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Kualuh Leidong yang berjumlah 24 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan melakukan tes untuk mengetahui hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apresiasi siswa meningkat setelah menggunakan metode sugestopedia . Nilai rata-rata apresiasi siswa sebelum menggunakan metode sugestopedia adalah 20.83 (pretets) dan terjadi peningkatan setelah diterapkannya metode sugestopedia sebanyak 72%, maka diperoleh nlai rata-rata hasil posttest adalah 93,33. Perbedaan yang sangat nyata ini dapat menjadi acuan bahwa metode sugestopedia layak digunakan dalam pelajaran seni tari khususnya pembelajaran gerak dasar Tari Melayu berdasarkan elemen tenaga, ruang, dan waktu dapat meningkatkan kemampuan apresiasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Kualuh Leidong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Sugestopedia; Meningkatkan apresiasi seni tari; Media Buku Binder |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:29 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57910 |