Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Fadla, Efrida (2023) Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216121001_Cover.pdf] Text
8216121001_Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 8216121001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216121001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 8216121001_Abstrak.pdf] Text
8216121001_Abstrak.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8216121001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216121001_Kata_Pengantar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 8216121001_Daftar_Isi.pdf] Text
8216121001_Daftar_Isi.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 8216121001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216121001_Daftar_Tabel.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 8216121001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216121001_Daftar_Gambar.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 8216121001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216121001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 8216121001_BAB_I.pdf] Text
8216121001_BAB_I.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of 8216121001_BAB_V.pdf] Text
8216121001_BAB_V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 8216121001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216121001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III Sekolah Dasar
mengenai konsep waktu dan penerapannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE. Pengembangan produk melalui
beberapa tahapan, (1) Tahap Analisis Kebutuhan, dilakukan dengan studi lapangan dan studi literatur; (2) Tahap Desain Produk; (3) Tahap Pengembangan dan (4)
Tahap Implementasi, meliputi proses validasi kepada ahli dan ujicoba video kepada siswa sebagai calon pengguna yang dilakukan secara sirkular; (5) Tahap Evaluasi,dilakukan eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design untuk mengetahui efektfitas video meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III di 6 SD Kecamatan Medan Perjuangan yang dipilih secara cluster random sampling berjumlah 170 siswa, 93 siswa dari 3 sekolah sebagai kelompok eksperimen dan 77siswa dari 3 sekolah sebagai kelompok kontrol, dan wawancara untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran tersebut. Perolehan nilai dari ahli dan responden uji coba berada pada kategori “sangat layak” dengan persentase 85,35% dan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata nilai posttest siswa kelompok eksperimen dan kontrol yaitu skor eksperimen ≠ skor kontrol dimana 80eksperimen > 58kontrol, dan dikuatkan dengan tanggapan positif siswa terhadap penggunaan video pembelajaran. Dengan demikian, terbukti bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Fad p
Keywords: media; pengembangan video; video pembelajaran; kemampuan numerasi; SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 04:56
Last Modified: 27 May 2024 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57854

Actions (login required)

View Item
View Item