Fadla, Efrida (2023) Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.
8216121001_Cover.pdf
Download (77kB)
8216121001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (208kB)
8216121001_Abstrak.pdf
Download (176kB)
8216121001_Kata_Pengantar.pdf
Download (147kB)
8216121001_Daftar_Isi.pdf
Download (255kB)
8216121001_Daftar_Tabel.pdf
Download (200kB)
8216121001_Daftar_Gambar.pdf
Download (136kB)
8216121001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (202kB)
8216121001_BAB_I.pdf
Download (826kB)
8216121001_BAB_V.pdf
Download (207kB)
8216121001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (443kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III Sekolah Dasar
mengenai konsep waktu dan penerapannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE. Pengembangan produk melalui
beberapa tahapan, (1) Tahap Analisis Kebutuhan, dilakukan dengan studi lapangan dan studi literatur; (2) Tahap Desain Produk; (3) Tahap Pengembangan dan (4)
Tahap Implementasi, meliputi proses validasi kepada ahli dan ujicoba video kepada siswa sebagai calon pengguna yang dilakukan secara sirkular; (5) Tahap Evaluasi,dilakukan eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design untuk mengetahui efektfitas video meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III di 6 SD Kecamatan Medan Perjuangan yang dipilih secara cluster random sampling berjumlah 170 siswa, 93 siswa dari 3 sekolah sebagai kelompok eksperimen dan 77siswa dari 3 sekolah sebagai kelompok kontrol, dan wawancara untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran tersebut. Perolehan nilai dari ahli dan responden uji coba berada pada kategori “sangat layak” dengan persentase 85,35% dan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata nilai posttest siswa kelompok eksperimen dan kontrol yaitu skor eksperimen ≠ skor kontrol dimana 80eksperimen > 58kontrol, dan dikuatkan dengan tanggapan positif siswa terhadap penggunaan video pembelajaran. Dengan demikian, terbukti bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Fad p |
Keywords: | media; pengembangan video; video pembelajaran; kemampuan numerasi; SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:56 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57854 |