PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 MEDAN

Marbun, Novia Pratiwi Adumyati (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193351008_Cover.pdf] Text
1193351008_Cover.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193351008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 1193351008_Abstrak.pdf] Text
1193351008_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1193351008_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351008_Kata_Pengantar.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1193351008_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351008_Daftar_Isi.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1193351008_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351008_Daftar_Tabel.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1193351008_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351008_Daftar_Gambar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1193351008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 1193351008_BAB_I.pdf] Text
1193351008_BAB_I.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 1193351008_BAB_V.pdf] Text
1193351008_BAB_V.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1193351008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193351008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan Timor No.36, Gaharu Kceamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara, 20235. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Medan sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel, yaitu dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan sebanyak 8 orang dengan skala kecerdasan yang paling rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik non parametric uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata pre-test kecerdasan emosional siswa sebesar 76,25 dan nilai rata-rata post-test kecerdasan emosional sebesar 106,5 disimpulkan terdapat peningkatan kecerdasan emosional siswa sebesar 39,67%. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,011 lebih kecil dari 0,05 (0,011 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Kecerdasan Emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 27 May 2024 03:24
Last Modified: 27 May 2024 03:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57812

Actions (login required)

View Item
View Item