Turnip, Chandra (2023) The Effect of Teacher's Teaching Models and Students’ Personality Traits on Students’ Achievement in Writing at SMA RK Bintang Timur Pematang Siantar. Masters thesis, UNIMED.
8206112012_Cover.pdf
Download (50kB)
8206112012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (273kB)
8206112012_Abstrak.pdf
Download (79kB)
8206112012_Kata_Pengantar.pdf
Download (79kB)
8206112012_Daftar_Isi.pdf
Download (94kB)
8206112012_Daftar_Tabel.pdf
Download (68kB)
8206112012_Daftar_Gambar.pdf
Download (68kB)
8206112012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (64kB)
8206112012_BAB_I.pdf
Download (243kB)
8206112012_BAB_V.pdf
Download (68kB)
8206112012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (158kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pengajaran Guru dan Sifat Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Menulis Siswa di SMA RK Bintang Timur Pematang
Siantar” dan merupakan penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk menyelidiki apakah: 1) prestasi menulis teks eksposisi analitis siswa introvert lebih tinggi daripada siswa ekstrovert dalam model pembelajaran holistik, 2) prestasi siswa dalam menulis teks eksposisi analitis yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Holistik. lebih tinggi daripada yang diajarkandengan menggunakan metode Problem Based Learning, 3) ada interaksi antara model pengajaran dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar siswa dalam menulis eksposisi analitis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI baik IPA maupun IPS tahun ajaran 2022/2023. Jumlah total populasi adalah 288 siswa dan terdapat 72 siswa yang dipilih sebagai sampel penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2×2. Para siswa dibagi menjadi dua kelas. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Holistik dan kelas lainnya sebagai kelompok kontrol diberi perlakuan dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Kuesioner dilakukan untuk mengklasifikasikan siswa pada kepribadian introvert dan ekstrovert. Prestasi belajar siswa dalam menulis teks eksposisi analitis diukur dengan menggunakan tes menulis. Data dianalisis dengan menggunakan two-way analysis of variance (ANOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) prestasi menulis teks eksposisi analitis siswa introvert lebih tinggi daripada siswa ekstrovert dalam model pembelajaran holistik, 2) prestasi siswa dalam menulis teks eksposisi analitis yang diajar dengan menggunakan model pengajaran Holistik lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan skor rerata total 82,111 > 77,167. 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kepribadian siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam menulis teks eksposisi analitis dengan nilai rata-rata total 79,639 < 79,643. Setelah menghitung Scheffee-test, hasilnya menunjukkan bahwa siswa introvert memperoleh prestasi yang lebih tinggi baik di kelas eksperimen yang diajar dengan model pengajaran Holistik maupun di kelas kontrol yang diajar dengan model Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.072 Tur e |
Keywords: | holistik, pembelajaran berbasis masalah, introversi, ekstroversi, teks eksposisi analitis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 02:59 |
Last Modified: | 27 May 2024 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57792 |