SIAHAAN, WILYAM JEVONS ALEXIUS (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192441018_Cover.pdf
Download (41kB)
7192441018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (406kB)
7192441018_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
7192441018_Abstrak.pdf
Download (63kB)
7192441018_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
7192441018_Daftar_Tabel.pdf
Download (165kB)
7192441018_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
7192441018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
7192441018_BAB_I.pdf
Download (417kB)
7192441018_BAB_V.pdf
Download (90kB)
7192441018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (199kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat pengaruh keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan pada akhir bulan Mei 2023. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Dengan jumlah populasi 288 siswa yang terdiri dari 8 kelas dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik penentuan jumlah sampel proportionate startified random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Dalam teknik tersebut yang dijadikan sampel adalah 168 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.
Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 19,997 + 0,334X1 + 0,364X2. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperolah keterampilan mengajar guru (X1) adalah thitung > ttabel (4,345 > 1,654) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel lingkungan sekolah (X2) meperoleh uji hipotesis secara parsial thitung > ttabel (4,379 > 1,654) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positfi dan signifikan keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan demikian Fhitung > Ftabel (35,346 > 3,05) dan signifikan (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,300 atau 30%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Lingkungan Sekolah (X2) mempunyai kontribusi sebesar 30% terhadap Minat Belajar Siswa (Y) dan sisanya 70% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru, Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 May 2024 00:13 |
Last Modified: | 31 May 2024 00:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57756 |