PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SIAHAAN, WILYAM JEVONS ALEXIUS (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192441018_Cover.pdf] Text
7192441018_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 7192441018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192441018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 7192441018_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192441018_Kata_Pengantar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 7192441018_Abstrak.pdf] Text
7192441018_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 7192441018_Daftar_Isi.pdf] Text
7192441018_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 7192441018_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192441018_Daftar_Tabel.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 7192441018_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192441018_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 7192441018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192441018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 7192441018_BAB_I.pdf] Text
7192441018_BAB_I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 7192441018_BAB_V.pdf] Text
7192441018_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 7192441018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192441018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat pengaruh keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan pada akhir bulan Mei 2023. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Dengan jumlah populasi 288 siswa yang terdiri dari 8 kelas dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik penentuan jumlah sampel proportionate startified random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Dalam teknik tersebut yang dijadikan sampel adalah 168 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.
Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 19,997 + 0,334X1 + 0,364X2. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperolah keterampilan mengajar guru (X1) adalah thitung > ttabel (4,345 > 1,654) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel lingkungan sekolah (X2) meperoleh uji hipotesis secara parsial thitung > ttabel (4,379 > 1,654) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positfi dan signifikan keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan demikian Fhitung > Ftabel (35,346 > 3,05) dan signifikan (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,300 atau 30%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Lingkungan Sekolah (X2) mempunyai kontribusi sebesar 30% terhadap Minat Belajar Siswa (Y) dan sisanya 70% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 31 May 2024 00:13
Last Modified: 31 May 2024 00:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57756

Actions (login required)

View Item
View Item