SIREGAR, SYAFIRA PARAMITHA AFRIDAYANTI (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7161142034_Cover.pdf
Download (56kB)
7161142034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (533kB)
7161142034_Kata_Pengantar.pdf
Download (608kB)
7161142034_Abstrak.pdf
Download (366kB)
7161142034_Daftar_Isi.pdf
Download (474kB)
7161142034_Daftar_Tabel.pdf
Download (266kB)
7161142034_Daftar_Gambar.pdf
Download (238kB)
7161142034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
7161142034_BAB_I.pdf
Download (695kB)
7161142034_BAB_V.pdf
Download (468kB)
7161142034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (539kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah renadahnya nilai hasil belajar siswa kelas XI SMK Nur Azizi Tanjung Morawa TA.2022/2023 dan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kemandirian belajar siswakelas XI SMK Nur Azizi Tanjung Morawa; (2) Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap belajar siswakelas XI SMK Nur Azizi Tanjung Morawa;(3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XISMK Nur Azizi Tanjung Morawa (4)Pengaruh kemandirian belajar siswa, teman sebaya, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswakelas XI SMK Nur Azizi Tanjung Morawa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Nur Azizi Tanjung Morawa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Nur Azizi Tanjung Morawa yang berjumlah 68 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis menggunakan uji secara parsial (uji t), uji secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi linear berganda dengan nilai Y = 82.660−0,114X1 − 0,093X2 + 0,180X3 + e. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda, variabel kemandirian belajar sebesar 0,003< 0,05 ini mengartikan bahwa variabel kemandirian belajar dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Nur Azizi. Variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,012 < 0,05 ini mengartikan bahwa variabel lingkungan teman sebaya dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Nur Azizi.Variabel motivasi belajar sebesar 0,024< 0,05ini mengartikan bahwa variabel motivasi belajar dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Nur Azizi.Berdasarkan pengujian hipotesis secaara simultan Fhitung> Ftabel (6,858<2,746) dan taraf Sig 0,000 < 0,05. Maka disimpulkan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan secara simultan Antara variabel kemandirian belajar, lingkungan teman sebaya, motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa XI SMK Nur Azizi Tanjung Morawa TA. 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 May 2024 00:45 |
Last Modified: | 30 May 2024 00:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57736 |