Pengaruh Penggunaan Motode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XII MIPA SMA N 16 Medan

Pardosi, Yohana Priskila (2023) Pengaruh Penggunaan Motode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XII MIPA SMA N 16 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3193111025_Cover.pdf] Text
3193111025_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 3193111025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3193111025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 3193111025_Abstrak.pdf] Text
3193111025_Abstrak.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 3193111025_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193111025_Kata_Pengantar.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 3193111025_Daftar_Isi.pdf] Text
3193111025_Daftar_Isi.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 3193111025_Daftar_Gambar.pdf] Text
3193111025_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 3193111025_Daftar_Tabel.pdf] Text
3193111025_Daftar_Tabel.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 3193111025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3193111025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 3193111025_BAB_I.pdf] Text
3193111025_BAB_I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 3193111025_BAB_V.pdf] Text
3193111025_BAB_V.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 3193111025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3193111025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XII MIPA SMA N 16 Medan. Sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa apakah pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap hasil belajar siswa di kelas XII MIPA pada mata pelajaran PPKn di SMA N 16 Medan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran PPKn di SMA N 16 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan dengan metode Quasi Eksperiment. Sampel Penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 6 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen sedangkan siswa kelas XII MIPA 5 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian diperoleh dengan memberikan posttest soal pilihan ganda dengan uji-t pada akhir pertemuan. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran PPKn seperti yang dijelaskan pada hasil analisis statistik deskriptif dan hasil analisis statistik inferensial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Talking Stick; Mata Pelajaran PPKn; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 24 May 2024 18:48
Last Modified: 24 May 2024 18:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57693

Actions (login required)

View Item
View Item