Siburian, Novita Ayu (2023) Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Materi Kreasi Seni Musik Kelas XII Di SMA Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2183342032 COVER.pdf
Download (73kB)
2. NIM.2183342032 APPROVAL SHEET.pdf
Download (794kB)
3. NIM.2183342032 ABSTRACT.pdf
Download (61kB)
4. NIM.2183342032 PREFACE.pdf
Download (169kB)
5. NIM.2183342032 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (88kB)
6. NIM.2183342032 LIST OF FIGURE.pdf
Download (121kB)
7. NIM.2183342032 LIST OF TABLE.pdf
Download (121kB)
8. NIM.2183342032 CHAPTER I.pdf
Download (345kB)
12. NIM.2183342032 CHAPTER V.pdf
Download (87kB)
13. NIM.2183342032 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (122kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik atau langkah-langkah menyusun instrumen penilaian berbasis HOTS materi kreasi seni musik kelas XII di SMA Negeri 14 Medan, untuk mengetahui hasil dari penyusunan instrumen penilaian
berbasis HOTS materi kreasi seni musik kelas XII di SMA Negeri 14 Medan dan, untuk mengetahui manfaat dari penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS materi kreasi seni musik kelas XII SMA Negeri 14 Medan. Penelitian ini
didasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan teori dan penjelasan dari teknik menyusun instrumen penilaian berbasis HOTS materi kreasi seni musik, hasil penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS materi kreasi seni musik dan manfaat penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS materi kreasi seni musik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Medan, Jalan Pelajar Gg. Darmo, Binjai, Kec.Medan Denai, Kota yang dimulai dari bulan Juni 2022 sampai dengan bulan September 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 guru seni budaya di SMA Negeri 14 Medan dan buku seni budaya kelas XII, dengan sampel 1 orang guru seni budaya dan materi kreasi seni musik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Teknik penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS materi kreasi seni musik kelas XII di SMA Negeri 14 Medan dimulai dari menganalisa KD yang bias diukur
dalam penilaian HOTS, mengembangkian kisi-kisi, menulis npertanyaan, membuat kunci jawaban, melakukian analisis kualitatif. 2) Hasil penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS materi kreasi seni musik kelas XII di SMA Negeri 14 Medan adalah berupa 10 soal dengan 5 soal menganalisis (C4) pada nomor soal 1,2,4,7,10 , 3 soal mengevaluasi (C5) pada nomor soal 5,6,8 dan 2 soal mengkreasikian (C6) pada nomor soal 3 dan 9. 3) Manfaat penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS materi kreasi seni music keolas XII di SMA
Negeri 14 Medan adalah dapat meningkatkan kemampuan berfikir tinggi peserta didik pada level yang lebih tinggi, terutama yang berkaitan dengan kemampuan untuk berfikir secara kritis dalam menerima berbagai jenis informasi, berfikir kreatif dalam pemecahan suatu masalah menggunakan pengetahuan yang dimiliki, mampu mengkontruksi penjelasan tentang jenis-jenis musik dan istilah musik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penyusunan, Instrumen Penilaian, HOTS, Kreasi Seni Musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT170 Instrumental techniques |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 May 2024 10:58 |
Last Modified: | 24 May 2024 10:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57668 |