PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 21 MEDAN

BR. SEMBIRING, SRI DEVI (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 21 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192441005_Cover.pdf] Text
7192441005_Cover.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 7192441005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192441005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 7192441005_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192441005_Kata_Pengantar.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 7192441005_Abstrak.pdf] Text
7192441005_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 7192441005_Daftar_Isi.pdf] Text
7192441005_Daftar_Isi.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 7192441005_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192441005_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 7192441005_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192441005_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 7192441005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192441005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7192441005_BAB_I.pdf] Text
7192441005_BAB_I.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 7192441005_BAB_V.pdf] Text
7192441005_BAB_V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 7192441005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192441005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi secara parsial dan secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto dengan sampel sebanyak 101 siswa menggunakan simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket (kuesioner). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBS SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial, kemandirian belajar dan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan. Secara simultan, kemandirian belajar dan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 21 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar, Penggunaan Smartphone sebagai Media Pembelajaran, Hasil Belajar Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 29 May 2024 01:22
Last Modified: 29 May 2024 01:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57661

Actions (login required)

View Item
View Item