SILALAHI, SINTA MARITO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI DI SMK SWASTA AL – FATTAH 2 MEDAN TP. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193342001_Cover.pdf
Download (150kB)
7193342001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (630kB)
7193342001_Kata_Pengantar.pdf
Download (316kB)
7193342001_Abstrak.pdf
Download (186kB)
7193342001_Daftar_Isi.pdf
Download (641kB)
7193342001_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
7193342001_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
7193342001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (153kB)
7193342001_BAB_I.pdf
Download (663kB)
7193342001_BAB_V.pdf
Download (61kB)
7193342001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (186kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif.
Dari angket motivasi belajar siswa pada siklus I terdapat 4 siswa yang memiliki motivasi dengan kategori motivasi tinggi. Pada siklus II siswa yang memiliki motivasi dengan kategori motivasi sangat tinggi, dan motivasi tinggi meningkat menjadi 27 siswa dan telah memenuhi indikator keberhasilan 80% dari jumlah siswa yaitu 28 orang memperoleh motivasi belajar akuntansi dengan kategori motivasi tinggi yaitu ≥ 60% sampaidengan motivasi sangat tinggi yaitu 100%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre-test dengan siswa yang tuntas 4 siswa (14,28%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata 69, 28 dengan siswa yang tuntas 16 siswa (57, 14%)dan meningkat di hasil post-test II dengan nilai rata-rata 83, 57 dengan siswa yang tuntas 26 siswa (92, 85%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan 80% peserta didik yang menjalani mata pelajaran akuntansi sudah mendapatkan skor ≥ 75% menurut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Al- Fattah 2 Medan TP 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Think Pair Share (TPS) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 May 2024 00:53 |
Last Modified: | 28 May 2024 00:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57655 |