HAREFA, SERLIN ASTIN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192441019_Cover.pdf
Download (45kB)
7192441019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (227kB)
7192441019_Kata_Pengantar.pdf
Download (424kB)
7192441019_Abstrak.pdf
Download (67kB)
7192441019_Daftar_Isi.pdf
Download (323kB)
7192441019_Daftar_Tabel.pdf
Download (238kB)
7192441019_Daftar_Gambar.pdf
Download (236kB)
7192441019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (238kB)
7192441019_BAB_I.pdf
Download (629kB)
7192441019_BAB_V.pdf
Download (263kB)
7192441019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (439kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom dibandingkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 18 Medan dengan jumlah populasi sebanyak 65 orang dan sampel berjumlah 65 orang siswa, dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil secara keseluruhan (total sampling). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah soal pilihan berganda dengan 20 item soal dengan teknik analisis data hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom dibandingkan dengan menggunakan Model pembelajaran Konvensional pada kelas XI IPS SMA Negeri 18 Medan T.A 2022/2023. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa pada pre-test dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom adalah 45,15 dan post-test sebesar 80,3. Sedangkan hasil belajar siswa pada pre-test dengan Model Pembelajaran Konvensional adalah 54,53 dan post-test sebesar 73,13. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan Independent Sample t-test sebesar 3,733, sedangkan nilai ttabel yaitu 1,6694. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 18 Medan T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 May 2024 00:41 |
Last Modified: | 27 May 2024 00:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57649 |